Jomplangnya Pendidikan Hotman Paris Vs Rocky Gerung, Dari Debat MK Ujung-ujungnya Nantang Duel di Ring Tinju
Anggota Tim Pembela Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Hotman Paris menantang Rocky Gerung untuk berdebat soal hukum. (Suara.com/Dea)
14:02
18 April 2024

Jomplangnya Pendidikan Hotman Paris Vs Rocky Gerung, Dari Debat MK Ujung-ujungnya Nantang Duel di Ring Tinju

Hubungan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan Rocku Gerung kian memanas. Hal ini terkait saat keduanya saling lempar sindiran menjelang putusan MK dalam sidang sengketa Pemilu 2024.

Rocky Gerung menyebut dirinya sering kali mau diadu dengan Hotman namun tak ia tanggapi. Pasalnya menurut Rocky, cincin berlian Hotman lebih berkilau dari otak pengacara tersebut.

Hotman Paris makin panas dirinya mengajak duel otak dengan berdebat bahkan duel tinju dengan mantan dosen Universitas Indonesia itu. Sama-sama keras, seperti apa sih beda pendidikan Hotman Paris dan Rocky Gerung?

Hotman Paris ditemui di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2024). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]Hotman Paris ditemui di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2024). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]

Beda Pendidikan Hotman Paris dan Rocky Gerung

Hotman Paris dikenal sebagai salah satu pengacara kondang Tanah Air. Ia pernah menangani berbagai kasus besar yang kontroversial.

Hotman Paris sendiri merupakan lulusan S1 Hukum di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat.

Hotman kemudian meneruskan kuliah S2 Ilmu Hukum di University of Tecnology, Sydney, Australia. Namun ia juga mengambil S2 Ilmu Hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tak berhenti dengan gelar master, Hotman juga mengambil gelar doktral yakni S3 di Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat.

Berbeda dengan Hotman Paris, Rocky Gerung mulai berkuliah di Universitas Indonesia (UI) pada 1979. Kala itu ia mengambil Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, namun Rocky tidak menyelesaikan pendidikannya.

Pengamat politik Rocky Gerung. [Suara.com/Faqih]Pengamat politik Rocky Gerung. [Suara.com/Faqih]

Rocky malah mengambil pendidikan lain di Jurusan Ilmu Filsafat yang kala itu masih berada di bawah rumpun Fakultas Ilmu-ilmu Sosial. Rocky mendapat gelar sarjana di jurusan tersebut.

Memiliki kepiawaian dalam dunia akademik, Rocku kemudian diminta kembali ke UI untuk mengajar sebagai dosen di Departemen Ilmu Filsafat. Rocky menjadi dosen tetap hingga awal 2015.

Sayangnya dia harus berhenti mengajar usai terpentok Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 yang menharuskan seorang dosen minimal lulus pendidikan S2 atau mempunyai gelar magister. Sementara Rocky masih bergelar sarjana.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #jomplangnya #pendidikan #hotman #paris #rocky #gerung #dari #debat #ujung #ujungnya #nantang #duel #ring #tinju

KOMENTAR