Jalani Kencan Pertama? Sebaiknya Hindari 6 Hal Ini Supaya Gak Bikin Ilfeel
Ilustrasi kencan pertama. (Pexels/Jep Gambardella)
18:56
17 April 2024

Jalani Kencan Pertama? Sebaiknya Hindari 6 Hal Ini Supaya Gak Bikin Ilfeel

   Kencan pertama merupakan momen krusial. Momen ini menjadi penentu apakah kamu dan si dia akan terus lanjut hingga menjadi sepasang kekasih, atau justru malah sebaliknya.   Kegelisahan sebelum kencan adalah hal yang normal karena kamu tentu ingin memberikan impresi yang baik.   Hampir semua orang merasakannya karena takut mengatakan hal yang salah atau terjebak dalam percakapan yang canggung.   Dilansir dari Verywell Mind, Rabu (17/4), seorang konselor profesional berlisensi, Bonnie Scott, membagikan beberapa tips untuk memulai kencan pertama.   Menurutnya, kamu sebaiknya menghindari sikap-sikap berikut ini saat kencan pertama. Apa saja?  

  1. Memberikan Komentar yang Bernada Menghakimi   Saat kencan pertama, kamu sebaiknya tidak memberi si dia komentar negatif tentang hal-hal seperti penampilan, pesanan makanan, pekerjaan, ataupun latar belakangnya. Hal ini penting untuk memberikan kesan pertama yang positif.   Meskipun mungkin kamu berpikir komentar yang hendak kamu lontarkan tidak akan menyinggung, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi. Apa yang menurutmu biasa saja, bisa jadi membuat orang lain tersinggung.   2. Terlalu Banyak Memberikan Pujian   Setiap orang pasti akan merasa senang ketika dipuji, apalagi jika pujian tersebut merupakan hal yang jujur dan tulus. Namun, terlalu banyak memberikan pujian kepada si dia saat kencan pertama juga bukan hal yang bagus.   "Jika seseorang terlalu banyak memuji atau berbicara tentang pertemuan dengan teman dan keluarga, mengatakan bahwa ia mencintai Anda, merencanakan perjalanan, dan lain-lain pada kencan pertama, itu terlalu cepat," kata seorang pakar hubungan, Susan Trotter, dikutip dari Verywell Mind, Rabu (17/4).  

  3. Menjelek-jelekan Mantan   Membicarakan hubungan masa lalu saat kencan pertama merupakan hal yang wajar. Kalian mungkin ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pengalaman asmara masing-masing.   Namun, penting diingat bahwa menjelek-jelekkan mantan bukanlah hal yang baik. Jika kamu melakukannya, bisa jadi si dia malah merasa ilfeel dan kehilangan respect terhadapmu.    Jika topik tentang mantan muncul, ketimbang menyalahkan, kamu bisa menceritakan hal apa saja yang kamu pelajari dari hubunganmu di masa lalu.   4. Terlalu Banyak Membicarakan Diri Sendiri   Calon pasanganmu tentu ingin mengenalmu lebih jauh, tetapi kamu juga harus punya rasa ingin tahu yang sama besarnya terhadap si dia. Jangan cuma menceritakan dirimu sendiri, ajukan juga beberapa pertanyaan kepada si dia.   

  5. Terlalu Menunjukkan Rasa Insecure   Kamu mungkin tidak sepenuhnya merasa nyaman dengan tubuhmu. Hal tersebut wajar karena setiap orang pasti memiliki rasa insecure. Namun saat kencan pertama, percaya diri sangatlah penting. Rasa percaya diri membuat seseorang terlihat lebih menarik.   6. Membicarakan Trauma   Trauma merupakan hal yang bersifat personal. Sebaiknya kamu tidak membicarakan hal ini saat kencan pertama karena dapat membuat obrolan dan suasana kencan menjadi canggung.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jalani #kencan #pertama #sebaiknya #hindari #supaya #bikin #ilfeel

KOMENTAR