Sosok Kumba Digdowiseiso, Guru Besar Unas yang Diduga Catut Nama Dosen Malaysia
Sosok Kumba Digdowiseiso, Guru Besar Unas yang Diduga Catut Nama Dosen Malaysia (ist)
11:56
17 April 2024

Sosok Kumba Digdowiseiso, Guru Besar Unas yang Diduga Catut Nama Dosen Malaysia

Banyak yang penasaran dengan profil Kumba Digdowiseiso, seorang Dekan Universitas Nasional (Unas). Beberapa waktu lalu, Kumba Digdowiseisa sempat memberikan pernyataan terkait laporan Retraction Watch yang menyebutkan bahwa ia telah menggunakan nama dosen Malaysia sebagai salah satu penulis dalam karyanya.

Sebelumnya, telah dilaporkan bahwa Kumba dituduh memasukkan nama seorang dosen dari Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dalam publikasi ilmiahnya. Namun, Kumba membantah telah melakukan tindakan tersebut. Dalam pernyataan resminya, Kumba menjelaskan bahwa laporan yang disusun oleh jurnalis bernama Lori Youm adalah laporan unilateral tanpa izin.

Kumba menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan keberatan kepada Lori Youm melalui email. Saat ini, mereka sedang menanti respons dari pihak yang bersangkutan.

Dengan keputusan tersebut, Kumba juga menyatakan bahwa Unas tidak akan melakukan campur tangan lebih lanjut. Selain itu, Kumba menambahkan bahwa mereka akan mengadakan konferensi pers virtual bersama, dihadiri oleh Kumba sebagai Dekan FEB Unas, Prof. Suriani sebagai dekan FBESD UMT, dan DR. Jumadil Saputra. Konferensi pers tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2024.

Profil Kumba Digdowiseiso

Berikut ini adalah ulasan singkat seputar profil Kumba Digdowiseiso sebagaimana dilansir dari berbagai sumber. 

1. Kumba Baru diangkat Menjadi Guru Besar

Kumba baru saja dinobatkan sebagai profesor utama menurut keterangan dari situs Universitas Nasional. Penobatan tersebut ditandai dengan penyerahan surat keputusan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III.

Serah terima surat keputusan tersebut berlangsung pada Jumat, 20 Oktober 2023, di Ruang Ki Hajar Dewantara, Kantor LLDikti Wilayah III Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, dan disampaikan secara langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah III, Toni Toharudin.

2. Dosen Muda Terkemuka di Unas

Kumba Digdowiseiso, kelahiran Jakarta pada 28 Mei 1985, saat ini berusia 38 tahun dan menjadi dosen paling muda di Universitas Nasional. Kumba menempuh pendidikan S1 di Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Indonesia (2007), S2 di Applied Economics The University of Adelaide (2009), dan S3 di Development Economics Erasmus Universiteit Rotterdam (2020).

Saat ini, Kumba tengah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional serta sebagai pengajar tetap di program studi Manajemen.

Demikianlah sekilas profil Kumba Digdowiseiso.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #sosok #kumba #digdowiseiso #guru #besar #unas #yang #diduga #catut #nama #dosen #malaysia

KOMENTAR