4 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Agar Berpeluang Besar Langsung Diterima Kerja
4 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Agar Berpeluang Besar Langsung Diterima Kerja (Freepik)
06:01
17 April 2024

4 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Agar Berpeluang Besar Langsung Diterima Kerja

Surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen yang dibutuhkan oleh para pencari kerja saat ingin mengajukan diri, untuk mengisi posisi lowongan pekerjaan di suatu perusahaan. Surat permohonan pekerjaan dapat disusun sebaik mungkin agar perusahaan yang dituju tertarik untuk membacanya dan mempertimbangkannya, termasuk surat lamaran kerja fresh graduate.

Menurut Finoza dalam buku Ragam Surat Sekretaris & Bisnis Indonesia, surat permohonan pekerjaan berisi keinginan untuk melamar suatu jabatan di perusahaan atau lembaga. Surat lamaran beserta CV menjadi pelengkap dokumen pelamar.

Melamar pekerjaan pada dasarnya merupakan upaya memasarkan diri. Oleh karena itu, pelamar harus memasarkan diri dengan menarik melalui penyusunan CV dan penambahan sertifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Berikut ini kami sajikan empat contoh surat permohonan pekerjaan berdasarkan industri perusahaan yang dituju. Pembaca dapat menggunakan surat permohonan pekerjaan di bawah ini sebagai referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Anda bisa menentukan surat lamaran kerja mana yang cocok untuk perusahaan yang dituju. Berikut ini selengkapnya.

1. Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Industri Spesifik

(Nama anda)

(Alamat anda)

(Nomor telepon anda)

(Email anda)

(Tanggal)

(Nama penerima)

(Posisi atau departemen)

(Nama perusahaan)

(Alamat perusahaan)

(Kota, kode pos)

Perihal: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi (nama posisi) di (nama perusahaan)

Yth. (Nama penerima)

Dengan penuh semangat, saya menuliskan surat ini untuk mengajukan diri sebagai kandidat untuk posisi (jabatan yang dilamar) di (nama perusahaan). Saya sangat terpesona oleh visi dan kreativitas yang ditunjukkan (nama perusahaan) dalam industri (spesifik). Saya yakin bahwa pengalaman, keterampilan, dan dedikasi saya akan menjadikan saya sebagai aset berharga bagi perusahaan.

Pendidikan dan pengalaman saya yang relevan dalam bidang (nama posisi) telah mempersiapkan saya dengan baik. Selama (jumlah tahun) tahun terakhir, saya telah bekerja di (nama perusahaan sebelumnya) sebagai (jabatan terakhir), di mana saya terlibat dalam proyek-proyek seperti (contoh proyek 1) dan (contoh proyek 2). Selama periode tersebut, saya mengasah keterampilan dalam (keterampilan 1), (keterampilan 2), dan (keterampilan 3), yang saya yakin akan mendukung kontribusi saya di (nama perusahaan).

Selain itu, saya mahir dalam menggunakan (aplikasi pendukung pekerjaan), dan saya memiliki pemahaman yang kuat tentang tren terbaru dalam industri (bidang industri perusahaan). Saya mampu berkolaborasi dengan beragam tim dan mengatasi tantangan dengan kreativitas serta solusi inovatif. Saya yakin kemampuan saya untuk berpikir di luar batas dan menerapkan pendekatan inovatif akan membantu (nama perusahaan) tetap menjadi pemimpin dalam industri ini.

Saya amat tertarik untuk bergabung dengan (nama perusahaan) dan menyumbangkan ide-ide serta karya yang menginspirasi dan berdampak besar. Saya yakin semangat dan komitmen saya terhadap industri kreatif akan sejalan dengan budaya kerja dan tujuan (nama perusahaan).

Saya amat mengapresiasi kesempatan untuk berbicara lebih lanjut mengenai bagaimana saya dapat berperan aktif dalam tim (nama perusahaan) dan memberikan manfaat pada proyek-proyek yang akan datang. Saya melampirkan daftar riwayat hidup yang menjelaskan secara detail mengenai sejarah dan pengalaman saya.

Terima kasih atas pertimbangannya terhadap lamaran ini. Saya sangat berharap untuk menerima kabar baik dari HRD (nama perusahaan). Saya siap untuk mengikuti wawancara dan membuktikan komitmen saya untuk bergabung dengan (nama perusahaan).

Hormat Saya,

(Tanda tangan jika dikirim dalam bentuk cetak)

(Nama Anda)

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

(Domisili Anda), (Tanggal surat dibuat)

Kepada Yth. HRD (Nama perusahaan)

Dengan hormat,

Menurut data lowongan yang tersedia di situs web (nama perusahaan), perusahaan tersebut tengah membutuhkan calon untuk menempati (nama posisi). Oleh karena itu, saya bermaksud mengirimkan aplikasi pekerjaan ke (nama perusahaan).

Berikut data diri saya:

Nama:

Tempat/Tanggal Lahir:

Alamat:

Nomor Handphone:

Status:

Pendidikan Terakhir:

Saya telah mengakumulasi pengalaman di (bidang yang mendukung posisi yang dituju) selama (sejumlah tahun). Selain itu, saya memiliki keahlian dalam (nama keterampilan yang mendukung posisi yang dilamar) yang relevan dengan posisi ini.

Berikut saya lampirkan dokumen sebagai bahan pertimbangan:

Curriculum Vitae

Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (minimal 3 lembar)

Fotokopi KTP

Fotokopi Ijazah

Fotokopi Sertifikasi keahlian

Fotokopi SKCK

Berikut itu adalah surat pengajuan ini. Saya berharap dapat dipertimbangkan untuk mengisi jabatan tersebut dan bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya mengucapkan terima kasih.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Kepada Yth.

(Nama perusahaan)

di (Alamat perusahaan)

Dengan hormat,

Menurut lowongan pekerjaan yang diumumkan oleh (nama perusahaan), terdapat kesempatan pekerjaan terbuka untuk jabatan (nama posisi). Oleh karena itu, melalui surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pekerjaan dengan rincian informasi sebagai berikut.

Nama:

Tempat/Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Pendidikan Terakhir:

Email:

Nomor Handphone:

Alamat:

Sebagai bahan pertimbangan bersamaan dengan ini saya lampirkan:

Curriculum Vitae

Surat Lamaran

Transkrip Nilai

Dokumen pendukung lainnya

Saya mempunyai pengalaman praktik kerja di sektor (dukungan bagi jabatan yang diinginkan) selama (durasi tertentu) dengan tanggung jawab (tugas yang dilakukan selama pengalaman tersebut). Saya memiliki keahlian dalam menggunakan (program/aplikasi pendukung untuk posisi yang diinginkan).

Demikianlah surat lamaran ini. Saya berharap Bapak/Ibu bersedia mempertimbangkan saya untuk bekerja di (nama perusahaan) untuk jabatan (nama posisi). Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

(Tanda tangan)

(Nama)

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Versi HRD Masa Kini

Yth. Bapak/Ibu

Departemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan (Nama perusahaan)

Dengan Hormat,

Izinkan saya memperkenalkan diri, nama saya (nama Anda), memiliki kualifikasi pendidikan terakhir dari (nama lembaga pendidikan) dan lulus pada tahun (tahun kelulusan). Melalui surat lamaran ini, saya ingin menyatakan minat saya untuk bergabung dengan (nama perusahaan) dalam kapasitas (posisi yang dilamar).

Saya tertarik dengan posisi dan perusahaan ini karena (alasan mengapa tertarik bekerja di posisi dan perusahaan tersebut). Sebelumnya, saya telah memiliki pengalaman bekerja di sektor (pengalaman kerja sebelumnya) selama (durasi pengalaman kerja sebelumnya) dan memiliki keahlian (keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar).

Saya sangat antusias dengan kesempatan yang ada untuk bergabung dengan perusahaan yang inovatif dan terus berkembang seperti (nama perusahaan). Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk mencapai tujuan perusahaan dalam mewujudkan (visi misi perusahaan yang dilamar).

Saya berharap tim HRD di (nama perusahaan) akan mempertimbangkan lamaran saya dan memberikan kesempatan bagi saya untuk bergabung serta berkontribusi dalam kemajuan (nama perusahaan). Saya siap mengikuti sesi wawancara pada waktu yang dijadwalkan oleh tim HRD.

Terima kasih atas perhatiannya dan saya menantikan kabar baik dari (nama perusahaan).

Salam Hangat,

(Tanda tangan)

(Nama)

Semoga contoh surat lamaran kerja fresh graduate ini bermanfaat bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan. Tetap semangat dan semoga sukses!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #contoh #surat #lamaran #kerja #fresh #graduate #agar #berpeluang #besar #langsung #diterima #kerja

KOMENTAR