Jika Seorang Melakukan Salah Satu dari 9 Hal Ini, Dia Bukan Teman Sejati Anda!
Ilustrasi wanita dengan sahabatnya yang terlihat bahagia dan berbagi kegembiraan sebagai salah satu tanda sahabat sejati (freepik)
09:32
14 April 2024

Jika Seorang Melakukan Salah Satu dari 9 Hal Ini, Dia Bukan Teman Sejati Anda!

Menavigasi pertemanan dan persahabatan sejati memang tidak mudah. Bahkan, di era sekarang sangat sulit untuk mencari dan menentukan teman mana yang bener-bener tulus.

Teman sejati adalah permata yang melekat pada diri Anda baik dalam suka ataupun duka. Sebaliknya, teman palsu adalah mereka yang suka berpura-pura dengan banyak motif terselubung.

Tak sedikit orang yang belum memahami cara mengenali teman yang tulus dan sejati dengan yang tidak. Hal ini bisa berujung membuat Anda merasa lelah dan tersiksa bahkan tertekan.

Memahami cara untuk mengenali teman Anda sejati atau palsu bukan tentang rasa curiga, namun lebih memahami perbedaan tindakan.

Dilansir dari laman Ideapod, terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui teman Anda termasuk sahabat sejati atau bukan:

  1. Mereka tidak ada saat Anda sangat membutuhkan

Sahabat sejati merupakan mereka yang bertahan dengan Anda baik di masa sulit maupun senang, bukan hanya saat bahagianya saja. 

Seharusnya teman sejati adalah yang memberikan bahu untuk Anda menangis atau mendengarkan Anda saat benar membutuhkannya.

Namun jika sahabat Anda justru bersikap sebaliknya, ketika Anda merasa membutuhkan bahkan hanya sekedar teman untuk bercerita atas masalah Anda dan mereka tidak ada. Hal ini perlu Anda waspadai ada kemungkinan mereka tidak tulus.

  1. Mereka mengabaikan pencapaian Anda

Sahabat sejati adalah seseorang yang tidak hanya bersama Anda, namun juga bisa berbagi kegembiraan yang Anda capai. 

Apabila sahabat Anda terlihat tidak senang atas pencapaian Anda atau meremehkan Anda maka ada kemungkinan besar teman Anda tidak tulus.

 Sejatinya jika teman Anda beneran sejati justru akan bangga dengan segala apa yang Anda capai. Karena mereka memahami persahabatan adalah tentang saling mendukung dan memberi semangat.

  1. Suka menyebarkan gosip tentang Anda

Apabila teman Anda menyebarkan gosip atau informasi pribadi Anda tanpa sepengetahuan Anda maka ini bisa menjadi pertanda jelas bahwa dia mungkin bukan teman baik.

Pada intinya, teman sejati justru mampu menghormati privasi Anda dan menjunjung tinggi kepercayaan Anda bahkan mampu menahan diri dari melakukan perilaku yang dapat merusak reputasi Anda.

  1. Sering mengkritik Anda

Kritik memang bagian dari kehidupan yang terbagi menjadi 2, yaitu kritik yang membangun dan tidak membangun. Apabila Anda diberikan kritik yang membangun justru Anda harus senang karena itu tanda kasih sayang.

Apabila sebaliknya artinya teman Anda memberikan kritik negatif baik dalam tindakan, penampilan atau cara berpikir maka hal ini bisa merusak harga diri Anda dan membuat Anda kurang percaya diri.

  1. Membuat Anda lelah

Persahabatan seharusnya menjadi hubungan yang membawa kegembiraan dan sumber energi sehingga Anda merasa nyaman dengan diri sendiri tanpa merasakan tekanan dan stress.

Namun jika Anda merasakan sebaliknya, lelah dan stress bahkan hingga ada drama yang berlarut-larut maka bisa menguras emosional Anda. Hal ini tentu bukan tanda sahabat sejati.

  1. Mereka tidak benar-benar senang dengan kesuksesan Anda

Salah satu aspek terindah persahabatan sejati adalah kemampuan untuk berbagi kebahagiaan satu sama lain. Sejatinya teman sejati seharusnya bersuka cita atas apa yang sudah Anda capai bahkan menjadi sistem pendukung agar Anda semakin sukses.

Apabila Anda merasa sebaliknya, di saat Anda sukses mereka justru tidak senang dan tidak support maka bisa jadi ada indikasi mereka tidak tulus dan menjalin pertemanan. Anda harus bisa lebih hati-hati.

  1. Mereka ada hanya saat menyenangkan

Sahabat sejati adalah seseorang yang bisa tetap bertahan baik di masa sulit atau tidak. Mereka selalu ada untuk menawarkan dukungan, mendengarkan dan membantu Anda bangkit kembali.

Jika Anda menjumpai teman Anda hanya ada saat Anda berbahagia dan tidak ada saat Anda susah maka hal ini bisa dipastikan mereka tidak tulus dan sejati.

  1. Tidak menghormati batasan Anda

Setiap orang memiliki batasan pribadinya tak terkecuali Anda sehingga sahabat Anda seharusnya bisa memahami dan menghormati hal ini. Baik ketika Anda membutuhkan waktu sendiri, keterbatasan keuangan atau ruang pribadi.

Jika Anda memperhatikan ada teman Anda yang terus-menerus melampaui atau mengabaikan batasan Anda tentu hal ini merupakan tanda yang tidak menghormati ruang pribadi Anda.

  1. Tidak support Anda

Yang menjadi hal utama dan terpenting adalah sahabat sejati adalah seseorang yang selalu mendukung Anda baik memberikan semangat atau mempercayai Anda.

Namun jika teman Anda terlihat meragukan kemampuan Anda hingga meremehkan cita-cita Anda maka bisa jadi mereka bukanlah teman sejati Anda.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jika #seorang #melakukan #salah #satu #dari #bukan #teman #sejati #anda

KOMENTAR