2 Doa Buka Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan Lengkap Arab, Latin, Artinya
Ilustrasi Puasa - 2 Doa Buka Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan Lengkap Arab, Latin, Artinya (Freepik)
17:40
15 Januari 2024

2 Doa Buka Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan Lengkap Arab, Latin, Artinya

Umat Muslim yang menjalani puasa Rajab sekaligus puasa qadha Ramadhan bisa membaca doa buka puasa di bawah ini saat waktu berbuka tiba.

Menjalani ibadah puasa Rajab merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Rajab. Sebab, bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Seseorang yang mengerjakan puasa Rajab akan mendapatkan berbagai keistimewaan, salah satunya keberkahan.

Umat Muslim juga dapat menggabungkan puasa Rajab sekaligus dengan puasa qadha Ramadhan. Hal ini merujuk pada Kitab Fathul Mu'in, Syekh al-Barizi mengatakan walaupun seorang muslim hanya melafalkan niat qadha puasa Ramadhan di bulan Rajab maka secara otomatis pahala puasa Rajab juga akan didapatkannya.

Dalam kitab Al-I'lab menambahkan bahwa Syekh al-barizi mengeluarkan fatwa jika seseorang yang ingin membayar puasa Ramadhan di hari yang dianjurkan berpuasa maka akan mendapatkan pahala kedua puasa bahkan tanpa perlu berniat puasa sunnah. Hal yang sama berlaku apabila puasa bertepatan dengan puasa rutin di hari Arafah dan Senin-Kamis.

Lantas, seperti apa bacaan doa buka puasa Rajab dan qadha Ramadhan?

1. Doa Buka Puasa Rajab dan Qadha Versi Pertama

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Latin: Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa 'ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.

2. Doa Buka Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan Versi Kedua

Dalam riwayat lain disebutkan lafaz doa berbuka puasa sebagai berikut:

ذَهَبَ الظَّمأُ، وابْتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَبَتَ الأجرُ إِن شاءَ اللهُ

Latin: dzahabadhdhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: Rasa haus telah hilang, kerongkongan telah basah, dan telah tetap pahala, insya Allah (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni menyatakan sanadnya hasan, Al Hakim menyatakan sanadnya shahih menurut Syaikhain/bukhori muslim)

Itulah penjelasan mengenai doa buka puasa Rajab dan Qadha dalam tulisan Arab, latin dan artinya.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #buka #puasa #rajab #qadha #ramadhan #lengkap #arab #latin #artinya

KOMENTAR