Viral Antrean Wahana Dufan Mengular saat Libur Lebaran, Pengunjung Hari Ini Tembus 8.200
Antrian pengunjung di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara, [Suara.com/Alfian Winanto]
16:16
12 April 2024

Viral Antrean Wahana Dufan Mengular saat Libur Lebaran, Pengunjung Hari Ini Tembus 8.200

Viral di media sosial destinasi wisata Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol dibanjiri pengunjung di hari ketiga libur lebaran Idulfitri. Tak main-main, antrean masuk wahana mengular hingga membuat pengunjung kelelahan.

Dalam potongan video yang dibagikan akun Twitter @txtdrjkt, dilihat suara.com, Jumat (12/4/2024) tampak dari komplek Ancol di depan pintu masuk Dufan terdapat antrean pengunjung pengular nyaris sepanjang 500 meter.

Tidak hanya itu, setelah pengunjung berhasil masuk ke dalam area Dufan, tampak di depan berbagai pintu masuk wahana terjadi berbagai antrean tidak kalah panjang.

Seperti diketahui, ada berbagai wahana permainan yang jadi favorit pengunjung dari mulai istana boneka, kora-kora, tornado, bianglala, kicir-kicir, niagara, hingga halilintar.

Dalam video itu juga terlihat bagaimana pengunjung kelelahan menanti antrian menaiki wahana, sebagian ada yang tertidur dan sebagian lainnya asik berbaring di lantai.

Uniknya video itu juga menyiratkan lagu ikonik Dufan diubah menjadi keluhan terhadap antrean yang dialami para pengunjung.

"Masuk ke Dunia Fantasi cuma bisa ngantri doang," ungkap latar video tersebut.

Melihat hal ini banyak netizen yang ikut tergelak sekaligus menyayangkan pengunjung yang datang ke tempat wisata seperti Dufan yang dipastikan akan ramai pengunjung saat musim libur lebaran Idulfitri.

"Bjir rame bener, bukannya pada silaturahmi ke rumah kerabat malah pada melarikan diri ke tempat wisata," ungkap @dimstrds.

"Padahal pengen ke sini tapi rame yak, yaudahlah kabarin kalau sepi," timpal @haanayo.

"Niatnya mau refreshing biar nggak stres, malah tambah stres," sambung @_Kendoma.

Dufan (Dunia Fantasi) adakan diskon khusus special ultah ke-34. (Dok. Dufan Ancol)Dufan (Dunia Fantasi) . (Dok. Dufan Ancol)

Pengelola sebut antrean Dufan masih batas wajar

Menanggapi fenomena ini, Media Relations di PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho membenarkan jika saat ini Ancol dan Dufan memasuki masa peak season atau puncak musim liburan, tepatnya saat lebaran hari ke-1, ke-2, ke-3, hingga hari ke-4.

Adapun khusus untuk kapasitas maksimal Dufan masih masuk kategori aman yaitu di angka 15.000 pengunjung per hari. Di sisi lain, menurut Eko saat ini angka kunjungan masih di bawah ambang batas aman dan pada hari ke-2 lebaran atau pada 11 April 2024 berada di angka 9.000 pengunjung sehari.

"Kalau untuk Dufan hari ini pengunjungnya tadi tercatat jam 13.00 WIB tercatat 8.200 orang. Tapi sebenarnya kalau lihat hari kemarin (11 April 2024), Dufan itu hingga 9.700 pengunjung sampai jam 19.00 WIB malam," ujar Eko saat dikonfirmasi suara.com.

"Jadi kalau untuk kawasan Dufan sendiri sebetulnya pernah kami asumsikan pengunjung maksimal ada di 15.000 dalam satu hari, jadi sebetulnya jumlah ini masih ada di bawahnya asumsi tersebut," sambungnya.

Di sisi lain, Eko juga mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi pengunjung membludak dari mulai membuat jalur antrean mencegah terjadinya kericuhan, hingga menambah jumlah show untuk mengalihkan pengunjung.

"Untuk momen pekan lebaran tambah beberapa show atau atraksi baru, sehingga pengunjung daripada lelah mengantri bisa menonton show tersebut lebih dulu. Lalu ada juga opsi tiket fast track, cuma tiket fast track ini sangat terbatas jumlahnya dalam setiap hari, jadi tidak bisa dijual dalam jumlah banyak," jelasnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #viral #antrean #wahana #dufan #mengular #saat #libur #lebaran #pengunjung #hari #tembus #8200

KOMENTAR