Cara Potong Ketupat agar Tidak Lengket, Begini Tips Memasak Biar Pulen dan Empuk!
Ilustrasi ketupat (freepik)
15:04
11 April 2024

Cara Potong Ketupat agar Tidak Lengket, Begini Tips Memasak Biar Pulen dan Empuk!

Menyambut lebaran 2024, mungkin ada di antara kamu yang tidak tahu cara memotong ketupat agar tidak lengket. Sebelum itu, penting untuk diketahui cara merawat agar ketupat yang sudah matang sehingga mudah untuk dipotong. Agar ketupat awet dan tidak mudah basi, serta mudah dipotong diperlukan penyimpanan yang tepat.

Dikutip dari nu.or.id, disarankan agar setelah ketupat yang matang sehabis direbus ditiriskan terlebih dahulu sampai dingin tidak beruap. Kemudian diletakkan ke dalam wadah bercelah atau menggantungkannya di tempat terbuka. Ketupat akan awet selama 2-3 hari. 

Cara terbaik untuk merawatnya, awet, tidak basi, dan mudah dipotong adalah dengan menggantungnya. Dengan digantung, ketupat akan turun. Saat akan memakannya, ketupat bisa dihangatkan seperlunya, misalnya dengan dikukus selama 30 menit. Setelah itu dipotong-potong. 

Cara potong ketupat agar tidak lengket

Ilustrasi makanan ketupat. (Instagram/@mrs_caprian)Ilustrasi makanan ketupat. (Instagram/@mrs_caprian)

Jika biasanya saat kamu memotong ketupat ternyata lengket, ada cara potong ketupat agar tidak lengket. Jika potongan ketupat lengket, hasilnya jadi jelek dan tidak rapi. 

Cara potong ketupat agar tidak lengket ini disampaikan oleh Izet Mutaqin di channel YouTubenya. Menurutnya, yang harus disiapkan utamanya adalah minyak goreng dioleskan lebih dahulu ke pisau, kemudian potong ketupat bagi dua. Kamu akan melihat sendiri hasilnya potongan ketupat dengan tips yang dibagikan oleh Izet Mutaqin ini tidak lengket. 

Potongan ketupat bisa berbentuk apa saja sesuai selera. Ketupat dengan citarasa padat dan empuk dapat disajikan dengan opor dan gulai ayam. Kita juga bisa menyajikan ketupat untuk sajian sate, pecel, dan lain sebagainya. 

Teknik masak ketupat agar empuk dan pulen

Ilustrasi ketupat. (Foto: shuttertsock)Ilustrasi ketupat. (Foto: shuttertsock)

Selain itu rahasia agar kita bisa memotong ketupat dengan mudah juga tersimpan pada teknik masak ketupat. Agar ketupat empuk, pulen, dan mudah dipotong, cara masaknya adalah sebagai berikut:

  1. Beras harus dicuci bersih kemudian ditiriskan. Setelah kering masukkan ke dalam ketupat.
  2. Masak air sampai mendidih lebih dahulu, ketika sudah mendidih, masukkan beras yang sudah dibungkus ketupat. Masak sampai mendidih, kira-kira lima menit.
  3. Sesudah itu, jangan tiriskan terlebih dahulu ketupat dari panci, tetapi diamkan dalam panci tertutup selama 30 menit.
  4. Nyalakan api dan didihkan ketupat sekitar 7 menit. Kalau sudah, ulangi cara sebelumnya yakni diamkan ketupat dalam panci, tapi dalam keadaan terbuka sampai uapnya menipis.
  5. Agar ketupat bersih dari lendir dan kotoran sisa air rebusan, siram ketupat dengan air dingin lebih dahulu, kemudian digantung.
  6. Gantungkan ketupat dalam suhu ruangan selama 2-3 hari.
  7. Potong-potong ketupat hanya ketika akan dimakan. Jika belum mau dimakan, sebaiknya biarkan ketupat tetap digantung. Ketika ketupat sudah dibuka dari bungkusnya, ketupat harus segera dimakan.

Demikian itu saran cara potong ketupat agar tidak lengket. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #cara #potong #ketupat #agar #tidak #lengket #begini #tips #memasak #biar #pulen #empuk

KOMENTAR