Bukan Cuma Jokowi, Poster Idul Fitri Erick Thohir Juga Kena Semprot Netizen karena Pakai AI
Menteri BUMN Erick Thohir. (Suara.com/Achmad Fauzi)
12:21
11 April 2024

Bukan Cuma Jokowi, Poster Idul Fitri Erick Thohir Juga Kena Semprot Netizen karena Pakai AI

Heboh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tuai kritikan karena menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam poster ucapan Idul Fitri. Selain Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir juga ternyata melakukan hal yang sama.

Dilihat Suara.com, Kamis (11/4/2024), Erick Thohir mengunggah ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri di akun media sosial X. Dalam unggahannya, ia juga menyertakan poster yang memperlihatkan ilustrasi suasana lebaran.

"Dengan segala kerendahan hati, Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik," tulis Erick Thohir.

Postingan Erick Thohir menjadi sorotan karena diduga dibuat menggunakan AI. Netizen menyoroti sejumlah kejanggalan dalam poster tersebut. Pertama, ekor kucing oren yang terpisah jauh dari tubuhnya.

Kedua, jumlah jari tangan yang terlalu banyak. Terakhir adalah bentuk dan proporsi anggota tubuh seperti tangan, wajah, hingga kepala yang tidak sesuai.

Netizen pun meninggakan komentar di postingan tersebut. Rata-rata menyayangkan Erick Thohir yang tidak menggunakan jasa ilustrator resmi dan malah menggunakan AI.

"Lu pengusaha kan hire artist lah modal dikit keluarin duit beli commision anjir," cuit Audi.

"kaya doang, hire ilustrator ga bisa~," kata Adrian.

"Semuanya aja pake AI bos," tulis Xucing Telor.

"Kok jari pak erik beda engga kek orang2 di belakang ya?" kata Uqi.

"Guys, ada yg nyadar ga sih? Ini suatu bentuk kesengajaan atau gimana sih? Gua yakin mereka2 ini udh paham klo byk yg kontra sama AI. Ini mereka sengaja buat nunjukkin superioritas mereka apa gmn ya? Please enlighten me," kata Orang Gabut.

"Pak tohir..itu orangnya ada buntut kucingnya..silumankah pak tohir?" ungkap Naufal.

Jokowi Kena Sentil karena Pakai AI

Apa yang seharusnya menjadi momen keceriaan justru menjadi sasaran kritik tajam dari warganet, terutama di platform X. Pasalnya, karakter gambar doodle yang diunggah Jokowi kali ini terlihat berbeda dari sebelumnya, memunculkan dugaan bahwa gambar tersebut dibuat dengan menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Kritikan dari warganet pun mengalir deras ke kolom komentar akun X pribadi Jokowi yang membagikan doodle tersebut. Banyak yang mengekspresikan kekecewaan mereka, bahkan dengan memberikan analisis detail tentang keanehan dalam gambar tersebut.

Mulai dari durian yang terbelah yang justru mirip mangga, gambar anak kecil yang terlihat tidak proporsional dan aneh, hingga sebuah gambar seorang pria yang terlihat seperti sedang berbincang dengan sebatang pohon.

Warganet juga mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap tim Jokowi jika benar menggunakan AI untuk membuat gambar doodle tersebut. Mereka merasa bahwa masih banyak ilustrator tanah air yang mampu berkarya dengan baik dan layak untuk diberi kesempatan.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bukan #cuma #jokowi #poster #idul #fitri #erick #thohir #juga #kena #semprot #netizen #karena #pakai

KOMENTAR