11 Frasa yang Sering Digunakan Tapi Bikin Anda Terkesan Kurang Cerdas, Hindari dan Gunakan Tips Jitu Ini!
Ilustrasi orang cerdas yang sedang berkomunikasi di tempat kerja.(Freepik/pressfoto)
10:30
11 April 2024

11 Frasa yang Sering Digunakan Tapi Bikin Anda Terkesan Kurang Cerdas, Hindari dan Gunakan Tips Jitu Ini!

– Pernahkah Anda merasa bahwa orang lain tidak menganggap Anda cerdas? Mungkin ada beberapa faktor yang berkontribusi, salah satunya adalah penggunaan frasa yang tidak tepat.

Tanpa disadari, kita sering menggunakan frasa yang sebenarnya dapat membuat kita terkesan kurang cerdas. Frasa-frasa ini mungkin terdengar biasa, tetapi dapat memberikan kesan negatif kepada orang lain.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 11 frasa yang sering digunakan, tetapi sebaiknya dihindari agar Anda terkesan lebih cerdas dan berwibawa. 

Kita juga akan memberikan tips jitu untuk meningkatkan komunikasi Anda dan tampil lebih cerdas dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu, hindari 11 frasa berikut yang sering digunakan, tetapi sebenarnya dapat membuat Anda terkesan kurang cerdas, dilansir dari Geediting, Kamis (11/4), berikut ini:

1. “Secara harfiah”

Frasa ini sering digunakan berlebihan dan tidak selalu berarti apa yang Anda maksud. Gunakan kata yang lebih tepat seperti “Sebenarnya,” atau “Secara kiasan.”

2. “Anda tahu apa yang saya maksud”

Frasa ini menunjukkan kurangnya kejelasan dan dapat membuat orang lain bingung. Luangkan waktu untuk menjelaskan maksud Anda dengan lebih baik.

3. “Pada akhirnya”

Frasa ini sering digunakan sebagai filler dan tidak menambah nilai pada kalimat. Terlalu banyak menggunakan frasa ini malah membuat Anda terkesan tidak to the point. Hindari frasa ini dan langsung ke intinya.

4. “Seperti halnya”

Frasa ini sering digunakan sebagai kata ganti dan dapat membuat Anda terkesan tidak profesional. Gunakan kata yang lebih spesifik untuk menggambarkan apa yang Anda maksud.

5. “Sebenarnya...” 

Frasa ini sering digunakan untuk memulai kalimat yang kontradiktif dengan kalimat sebelumnya. Hal ini dapat membuat Anda terkesan tidak konsisten.

6. “Sepertinya cukup” 

Frasa ini sering digunakan untuk mengecilkan sesuatu. Hindari frasa ini dan gunakan kata yang lebih positif untuk membangun hubungan yang lebih berkualitas.

7. “Saya rasa..” atau “Saya pikir..”

Frasa ini menunjukkan keraguan dan dapat membuat Anda terkesan kurang yakin. Gunakan kata yang lebih tegas seperti “Saya yakin,” atau “Saya percaya.”

8. “Terus terang saja”

Jika digunakan kurang pada tempatnya, frasa ini sering digunakan sebelum mengatakan sesuatu yang kontroversial, dan memicu konflik. Hindari frasa ini dan sampaikan pendapat Anda dengan lebih sopan.

9. “Anda tahu” 

Frasa ini sering digunakan sebagai filler dan dapat membuat Anda terkesan gugup. Hindari frasa ini dan jaga kontak mata dengan lawan bicara Anda.

10. “Pada dasarnya”

Frasa ini sering digunakan untuk menyederhanakan sesuatu yang kompleks. Hindari frasa ini dan jelaskan lebih detail apa yang Anda maksud.

11. “Wow, bravo”

Frasa ini sering digunakan berlebihan dan dapat membuat Anda terkesan kurang profesional. Di kondisi tertentu, bahkan Anda akan terlihat sarkastik jika menggunakan frasa ini. 

Gunakan kata yang lebih spesifik untuk menunjukkan kekaguman Anda pada suatu hal. Itulah 11 frasa yang sebaiknya Anda hindari jika ingin terlihat lebih cerdas.

Dengan menghindari frasa-frasa ini, Anda dapat meningkatkan komunikasi Anda dan terkesan lebih cerdas dan berwibawa.

Tips Jitu Agar Terlihat Lebih Cerdas:

  • Gunakan kata-kata yang tepat dan spesifik.

  • Hindari filler dan frasa yang tidak perlu.

  • Bicaralah dengan jelas dan tegas.

  • Jaga kontak mata dengan lawan bicara Anda.

  • Percaya diri dan yakinlah dengan apa yang Anda katakan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan komunikasi Anda dan tampil lebih cerdas dan berwibawa dalam berbagai situasi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #frasa #yang #sering #digunakan #tapi #bikin #anda #terkesan #kurang #cerdas #hindari #gunakan #tips #jitu

KOMENTAR