7 Batasan Penting dalam Hubungan Asmara, Apa Saja dan Bagaimana Contohnya?
Menetapkan batasan dalam hubungan berguna untuk mengkomunikasikan hal apa yang bisa kita tolerir dari pasangan dan sebaliknya. (Pexels)
11:16
9 April 2024

7 Batasan Penting dalam Hubungan Asmara, Apa Saja dan Bagaimana Contohnya?

- Dalam hubungan, seringkali kita berpikir bahwa kedua belah pihak harus terbuka tanpa ada batasan sama sekali. Namun nyatanya, hubungan tanpa batasan tidak selalu sehat.

Dalam menjalani hubungan, menetapkan batasan membantu kita mengomunikasikan apa yang membuat kita tidak nyaman. Menentukan batasan juga membantu pasangan kita agar ia tahu bagaimana kita ingin diperlakukan dan sebaliknya.

Menetapkan batasan bukan berarti menutup diri dari pasangan, justru ini adalah hal yang penting agar hubungan tetap sehat. Batasan merupakan garis tak terlihat yang membantu melindungi kedua belah pihak secara emosional, fisik, dan sebagainya.

Dilansir dari Verywell Mind dan California Department of Social Services, setidaknya ada tujuh jenis batasan yang bisa diterapkan dalam hubungan asmara. Berikut penjelasannya:

1. Batasan Emosional

Menetapkan batasan emosional membantu kita dan pasangan untuk saling menghargai perasaan masing-masing. Batasan emosional juga membantu kita untuk tidak terlibat terlalu dalam dengan perasaan pasangan.

Seringkali, kita merasa bahwa perasaan pasangan kita adalah tanggung jawab kita. Batasan emosional membantu kita untuk membedakan apa yang berada dalam kendali kita dan apa yang tidak.

2. Batasan Intelektual

Batasan intelektual membantu melindungi pikiran dan pendapat masing-masing pasangan. Menyetujui untuk tidak setuju sambil menghormati hak pasangan untuk mengutarakan pendapat merupakan contoh dari penerapan batasan intelektual dalam hubungan.

3. Batasan Fisik

Menentukan batasan fisik membantu pasangan kita untuk mengetahui sentuhan fisik apa yang masih bisa kita terima dan mana yang tidak bisa kita tolerir. Menetapkan batasan fisik merupakan hal yang penting karena tubuh masing-masing merupakan ranah pribadi.

4. Batasan Seksual

Menetapkan batasan seksual berguna untuk membuat kesepakatan terkait interaksi seksual. Hal ini dapat mencakup faktor-faktor seperti berapa lama kamu ingin menjalin hubungan yang intim, jenis kontak seperti apa yang kamu sukai, dan lain sebagainya.

5. Batasan Komunikasi

Batasan komunikasi dapat ditetapkan untuk mengelola konflik atau pertengkaran dengan lebih baik. Misalnya, kamu dan pasangan membuat kesepakatan untuk tidak mengungkit kesalahan di masa lalu atau tidak pergi secara tiba-tiba ketika sedang bertengkar.

6. Batasan Materi

Batasan materi berkaitan dengan harta benda dan keuangan pribadi. Kamu dapat memilih sejauh mana kamu merasa nyaman untuk berbagi harta benda dan keuangan dengan pasanganmu. Contoh dari penetapan batasan ini misalnya menyepakati siapa yang mengeluarkan uang ketika berkencan, apakah salah satu saja atau keduanya.

7. Batasan Waktu

Batasan waktu berarti menghormati waktu satu sama lain. Hal ini juga dapat mencakup penetapan batas seberapa sering kamu dan pasangan bertemu dan bagaimana kalian ingin menghabiskan waktu bersama. Tidak semua orang ingin selalu menghabiskan waktu dengan pasangannya, karena setiap individu memiliki waktu me time-nya masing-masing.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #batasan #penting #dalam #hubungan #asmara #saja #bagaimana #contohnya

KOMENTAR