Malam Takbiran Idul Fitri Tanggal Berapa? Sambut Lebaran dalam Hitungan Jam
malam takbiran Idul Fitri tanggal berapa (Freepik)
21:34
8 April 2024

Malam Takbiran Idul Fitri Tanggal Berapa? Sambut Lebaran dalam Hitungan Jam

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Untuk merayakannya, biasanya akan ada takbiran pada malam sebelum tiba hari Raya. Namun yang jadi pertanyaan, malam takbiran Idul Fitri tanggal berapa? Berikut ulasannya.

Diketahui bahwa setiap umat Muslim dianjurkan untuk mengumandangkan takbir pada malam Hari Raya Idul Fitri atau hari terakhir bulan Ramadhan. Ini tercantum dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 185 berikut ini.

"...hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu." (QS. Al Baqarah: 185)

Lantas, malam takbiran Idul Fitri tanggal berapa? Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini informasi jadwalnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Jadwal Malam Takbiran Lebaran Idul Fitri 2024

Takbiran Lebaran Idul Fitri dimulai waktu Maghrib pada malam tanggal 1 Syawal hingga selesai pelaksanaan sholat Eid. Hanya saja, Pemerintah sampai saat ini belum menetapkan kapan tanggal 1 Syawal 1445 H secara resmi.

Untuk menetapkan 1 Syawal, Pemerintah akan melakukan sidang isbat terlebih dulu pada tanggal 29 Ramadhan 1445 H atau 9 April 2024. Jika tanggal 9 April hilal sudah terlihat, maka lebaran Idul Fitri 2024 akan jatuh pada 10 April 2024. 

Muhadjir Effendy selaku  Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) juga telah memprediksikan bahwa Lebaran Idul Fitri 2024 akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Menko PMK, maka malam takbiran kemungkinan akan berlangsung hari Selasa (malam), 9 April 2024. Jika Idul Fitri jatuh tanggal 10 April 2024, maka lebaran tahun ini akan dirayakan serentak.

Meski demikian, kita tetap harus menunggu hasil sidang Isbat penetapan 1 Syawal pada tanggal 9 April 2024 nanti.  Adapun pelaksanaan sidang Isbat 1 Syawal 1445 H ini akan digelar oleh Kemenag (Kementerian Agama).

Pelaksanaan Sidang Isbat akan berlangsung di Auditorium H M Rasjidi Kementerian Agama, Jl M H Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang Isbat ini bersifat tertutup yang dihadiri oleh beberapa petinggi sebagai berikut:

-  Pimpinan MUI

-  Komisi VIII DPR RI

-  Duta besar negara sahabat

-  Tim Hisab Rukyat Kemenag

- Perwakilan ormas Islam.

Demikian ulasan mengenai malam takbiran Idul Fitri tanggal berapa lengkap dengan dalil dan jadwal sidang isbat 1 Syawal 1445 H/2024. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #malam #takbiran #idul #fitri #tanggal #berapa #sambut #lebaran #dalam #hitungan

KOMENTAR