Jalan Mulus Politik Bobby Nasution: Meski Dipecat PDIP, Enteng Ditawari Maju Pilgub Sumut oleh Golkar
Wali Kota Medan, Bobby Nasution.
16:14
7 April 2024

Jalan Mulus Politik Bobby Nasution: Meski Dipecat PDIP, Enteng Ditawari Maju Pilgub Sumut oleh Golkar

Wali Kota Medan, Bobby Nasution kembali menjadi sorotan. Tepatnya usai ia dikabarkan bakal maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) 2024 mendatang.

Lebih mengejutkannya lagi, Bobby maju karena diminta oleh Partai Golkar. Apakah kini ia telah bergabung menjadi kader? Cari tahu selengkapnya melalui perjalanan politik Bobby Nasution yang dimulai dari dipecat PDIP di bawah ini.

Perjalanan Politik Bobby Nasution

Bobby Nasution telah dipecat oleh PDIP karena dianggap tak lagi memenuhi syarat sebagai anggota partai. Hal ini tercantum dalam Surat Pemberitahuan Nomor: 217 /IN/DPC-29.B-26.B/XI/202 tertanggal 10 November 2023.

Surat itu menyatakan bahwa Bobby terbukti melakukan tindakan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai. Di mana ia mendukung capres-cawapres dari partai politik lain.

Putusan itu dikeluarkan dengan pertimbangan sejumlah aturan di internal partai. Surat tersebut diteken oleh Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim dan Sekretaris Roby Barus.

Bobby pun angkat bicara soal keputusan DPC PDIP Kota Medan itu. Ia mengucapkan terima kasih kepada partai ini karena telah mendukungnya menjalani tugas-tugas di pemerintahan.

"Suratnya baru saya terima tadi malam. Tentunya terima kasih kepada PDIP karena sampai hari ini juga men-support saya di pemerintahan yang mudah mudahan ke depannya terus men-suport untuk kepentingan masyarakat daripada kepentingan masing-masing," kata Bobby di Gedung DPRD Medan, Selasa (14/11/2023).

Selang beberapa bulan, Bobby dikabarkan maju Pilgub Sumut dan didukung oleh Golkar. Hal ini diketahui usai menghadiri acara pengarahan kepada bakal calon pemimpin daerah. 

Acara itu dihadiri Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan digelar secara tertutup di Kantor DPP Partai Golkar, Sabtu (6/4/2024). Meski begitu, tak hanya Bobby yang direkomendasikan.

Bobby menyebut, ada dua orang yang direkomendasikan Golkar, yakni dirinya dan Musa Rajekshah alias Ijeck. Ia pun mengaku menunggu arahan pihak partai untuk langkah selanjutnya.

"Kita ikutin arahan (partai) nanti. Yang pasti yang disampaikan arahan Ketua Umum Golkar kiat-kiatnya apa yang perlu disiapkan. Itu dulu yang kita prepare (siapkan)," ujar Bobby.

Rekomendasi itu juga telah dikonfirmasi oleh Ketua DPP Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi. Ia mengatakan bahwa partainya sudah memberikan surat agar Bobby Nasution maju Pilgub Sumut. 

"Ya, beliau (Bobby Nasution) tadi hadir karena sudah diberikan surat penugasan sebelumnya untuk dicalonkan, dan di Sumut Golkar juga hasilnya sangat baik," kata Bobby.

Meski begitu, ia menyebut jika menantu Presiden Jokowi itu belum resmi menjadi kader Partai Golkar. Di sisi lain, PDIP Sumut tidak akan mendukung Bobby karena ia sudah dipecat.

"Bobby itu kan sudah dipecat, terus ngapain lagi dari PDI Perjuangan. Ya jelaslah (enggak akan mendukung Bobby). Sudah dipecat. Kita nanti yang dipecat kalau sempat dukung," kata Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon, dikutip Minggu (7/4/2024).

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #jalan #mulus #politik #bobby #nasution #meski #dipecat #pdip #enteng #ditawari #maju #pilgub #sumut #oleh #golkar

KOMENTAR