Supaya Tenang, Ikuti 5 Tips Ini agar Rumah Aman selama Ditinggal Mudik Lebaran
ilustrasi mudik lebaran (freepik.com/pchvector)
08:50
7 April 2024

Supaya Tenang, Ikuti 5 Tips Ini agar Rumah Aman selama Ditinggal Mudik Lebaran

Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 tinggal menghitung hari, banyak masyarakat Indonesia pun sudah mulai mudik atau pulang kampung.

Mudik menjadi tradisi yang tak terpisahkan dari Hari Lebaran. Pasalnya ini menjadi momentum setahun sekali bisa berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Namun sebelum berangkat mudik, kondisi rumah harus diperhatikan. Pastikan rumah yang ditinggalkan berada dalam kondisi aman.

Bagi Anda yang hendak pulang kampung, ada baiknya mengikuti sederet tips agar rumah tetap aman selama ditinggalkan.

Seperti yang diimbau oleh NTMC Korlantas Polri lewat Instagram @korlantaspolri.ntmc, berikut sederet tips agar rumah tetap aman yang dapat dilakukan sebelum mudik.

Ilustrasi mudik. (Dok. Pegipegi)Ilustrasi mudik. (Dok. Pegipegi)

1. Matikan alat elektronik, air, kompor, dan cabut regulator tabung gas

Pastikan seluruh barang elektronik seperti televisi, AC, kipas angin, sudah dimatikan untuk menghindari korsleting listrik. Selain itu, lepaskan juga regulator tabung gas untuk meminimalisir terjadinya kebocoran gas yang bisa mengakibatkan kebakaran.

2. Memasang kamera pengawas atau CCTV serta alarm

Untuk menjaga rumah tetap aman dari pencurian saat mudik, memasang alarm atau CCTV menjadi cara bijak.

Dengan adanya kamera CCTV, Anda bisa mengawasi rumah dari jarak jauh. Di sisi lain, bila ada seseorang tak dikenal mencoba masuk, alarm akan berbunyi dan menyita perhatian tetangga sekitar.

3. Lapor kepada RT/RW setempat atau titipkan pada yang bisa dipercaya

jangan lupa untuk menitipkan rumah ke orang yang dipercaya seperti saudara, tetangga atau RT/RW setempat. Jangan lupa sampaikan berapa lama rumah akan ditinggalkan untuk mudik.

4. Simpan barang berharga di tempat aman

Barang-barang berharga seperti emas, surat-surat, dan perhiasan bisa disimpan di tempat yang aman seperti brankas. Cara ini berguna untuk mengantisipasi adanya pencurian.

5. Kunci pintu dan jendela rumah

Di menit-menit keberangkatan mudik, tak ada salahnya melakukan double cheking untuk memastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #supaya #tenang #ikuti #tips #agar #rumah #aman #selama #ditinggal #mudik #lebaran

KOMENTAR