Mudik Bareng Bayi dan Balita, 3 Barang Ini Wajib Ada di Dalam Tas
Ilustrasi mudik bersama anak (Freepik/freepik)
07:12
6 April 2024

Mudik Bareng Bayi dan Balita, 3 Barang Ini Wajib Ada di Dalam Tas

Mudik bersama bayi atau balita memang cukup menantang, apalagi jika harus melalui perjalanan berjam-jam dan menggunakan transportasi umum. Inilah sebabnya, orang tua harus tahu barang apa saja yang harus dibawa saat mudik agar tetap nyaman sepanjang perjalanan.

Melansir Hello Sehat, ada beberapa masalah yang dialami bayi dan balita saat mudik, salah satunya mabuk perjalanan akibat tercampurnya sinyal dari mata, telinga, otot, dan sendi ke otak. Informasi dari tubuh yang tidak seirama ini, menyebabkan respons tidak menyenangkan pada tubuh, seperti mual, muntah, dan pusing.

Kalau sudah begitu, si kecil pun akan menjadi rewel karena perasaan tak nyaman dalam tubuhnya. Meski begitu, orang tua tidak perlu khawatir berlebihan, karena umumnya gejala mabuk perjalanan itu akan menghilang paling lama setelah 4 jam turun dari kendaraan.

Nah, untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan pada si kecil, berikut ini daftar barang yang harus dibawa, mengutip keterangan dari Kanmo Group.

1. Tisu basah

Tisu basah adalah salah satu kebutuhan penting untuk menjaga kebersihan yang praktis digunakan kapan saja dan di mana saja. Selain untuk mengganti popok pada bayi, Anda juga dapat menggunakannya saat si kecil hendak makan, setelah memegang sesuatu, atau bahkan ketika ia buang air di toilet umum.

Pastikan memilih tisu basah yang bisa melindungi kulit anak dari bakteri dan kuman, tapi juga tidak mengandung alkohol sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif maupun saat mengganti popok.

2. Minyak telon

Minyak telon aromatik dapat memberikan sensasi hangat bila dioleskan pada perut si kecil, sehingga membantu meredakan gejala kembung dan mual yang sering timbul selama perjalanan darat, udara, dan laut.

Beberapa kandungan minyak telon yang bisa jadi pilihan untuk kenyamanan anak di antaranya seperti Cajuput, Anise, Lavender, Green Tea, dan Coconut.

3. Camilan bayi dan anak

Untuk mengalihkan ketidaknyamanan anak saat mudik, orang tua disarankan membawa camilan anak. Camilan ini tetap harus menyehatkan, dan sesuai dengan tumbuh kembang anak berdasarkan usia.

Pastikan memberikan camilan kaya serat dan bebas gluten. Sebaiknya pilih camilan anak bayi dalam bentuk stik yang bisa lumer di mulut. Lalu untuk balita, Anda bisa memilih camilan yang berbentuk kecil seperti yang mengandung sari buah alami tanpa tambahan gula, pewarna, atau perasa tambahan, sehingga memberikan rasa segar yang sehat bagi anak.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #mudik #bareng #bayi #balita #barang #wajib #dalam

KOMENTAR