5 Fakta Tayangan SauRans Kena Teguran KPI, Imbas Munculkan Rayyanza?
Adegan Nagita Slavina duduk di kursi saat sambut tamu Saurans di Net (YouTube)
10:45
5 April 2024

5 Fakta Tayangan SauRans Kena Teguran KPI, Imbas Munculkan Rayyanza?

Program SauRans, talkshow yang dibawakan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kini harus berhenti sementara. Hal ini disebabkan buntut teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terhadap acara yang tayang setiap jam sahur ini. 

Penanyangan talkshow SauRans ini sudah dimulai sejak awal bulan suci Ramadan pada Maret kemarin. Selama penayangan, Raffi dan Nagita kerap mengundang para artis dan publik figur untuk membahas banyak hal seputar dunia entertainment.

Tak hanya Raffi dan Nagita, duo Sultan Andara ini kerap mengajak dua putra mereka, yaitu Rafathar dan Rayyanza untuk ikut dalam acara sahur tersebut. Sayangnya, hal ini malah menjadi bumerang dan membuat tayangan mereka mendapat peringatan dari KPI.

Lalu, apa alasan KPI menegur SauRans dan bagaimana kelanjutan episodenya? Simak inilah 5 fakta selengkapnya.

1. KPI tegur SauRans

Putra bungsu Raffi dan Nagita, Rayyanza Malik Ahmad kerap mencuri perhatian publik saat dirinya tampil di depan kamera. Rayyanza kerap ikut sang orang tua untuk syuting acara SauRans yang tayang setiap pukul 02.00 WIB selama bulan Ramadhan.

Hal ini pun menjadi sorotan KPI lantaran acara SauRans ini dianggap mengeksploitasi anak, terlebih lagi jam syuting SauRans ini di waktu dini hari yang seharusnya menjadi jam istirahat untuk balita.

KPI akhirnya menyurati pihak SauRans untuk menghentikan penayangan sementara karena terindikasi menayangkan anak di bawah umur.

"KPI resmi memberikan sanksi administratif kepada Saurans Net TV yang disiarkan pada tanggal 13-14 Maret 2024 pukul 03.49 WIB. Hal ini berkenaan dengan klasifikasi tayangan R13+ secara live namun menampilkan anak di bawah umur atas nama Rayyanza (alias) Cipung," tulis KPI melalui Instagram @kpipusat pada Kamis (4/4/2024) kemarin.

2. Raffi bantah karena eksploitasi anak

Meskipun KPI sudah menjelaskan alasan peneguran terhadap SauRans karena penayangan anak di bawah umur, Raffi sendiri membantah hal tersebut. Ia mengaku penghentian penayangan SauRans karena ada permasalahan teknis.

"Biasanya kita ada acara sahur, tapi karena ada satu dan lain hal, ada masalah teknis jadi belum bisa tayang lagi," ucap Raffi dalam video terbaru mereka di Youtube yang tayang pada Kamis (04/04/2024) kemarin.

3. Nagita bantah alasan bukan rating

Tak hanya itu, Nagita pun juga menegaskan bahwa penghentian penayangan SauRans bukan karena rating.

"Bukan rating atau karena performance (jadi berhenti tayang)," ucap kakak dari Caca Tengker ini.

4. Raffi dan Nagita sempat pamit undur diri dari SauRans

Sebelum isi surat KPI ini diungkap ke publik, baik Raffi maupun Nagita sudah sempat pamit undur diri dari acara SauRans yang tayang pada Rabu (3/4/2024) lalu. Raffi menyampaikan ucapan terima kasihnya atas antusiasme masyarakat yang sering menonton SauRans sebagai tontonan keluarga saat menunggu waktu sahur.

"Kami segenap pengisi acara dan dari keluarga besar Saurans dan Net tv mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat," ucap Raffi dalam tayangan terakhir SauRans pada Rabu (03/04/2024) dini hari kemarin.

"Mohon maaf bilamana ada kekurangan dan kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja," ucap ayah dua anak ini.

5. Sempat dikecam warganet

Kehadiran Rayyanza dalam acara SauRans ini sebelumnya juga sempat mendapat kecaman publik. Beberapa warganet pun sempat mengunggah foto Rayyanza yang terlihat mengantuk dan tidak nyaman saat menjalani syuting SauRans.

"Kasian banget ga si Cipung harus syuting tengah malem," tulis salah seorang warganet yang iba dengan Rayyanza.

"Boikot aja, ini eksploitasi anak jatohnya," tulis warganet lain.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #fakta #tayangan #saurans #kena #teguran #imbas #munculkan #rayyanza

KOMENTAR