7 Alasan Mengapa Seorang Introvert Sulit Mendapatkan Teman Baru, Salah Satunya Mereka Selektif!
ilustrasi seorang introvert sulit mendapat teman. Sumber foto: Freepik
11:58
3 April 2024

7 Alasan Mengapa Seorang Introvert Sulit Mendapatkan Teman Baru, Salah Satunya Mereka Selektif!

Mencari teman baru sebagai seorang introvert merupakan tugas sulit. Bahkan bagi introvert yang suka bersosialisasi, proses menjalin hubungan dengan orang baru bisa melelahkan.

Konsep memulai percakapan dengan seseorang yang tidak mereka kenal bisa terasa sangat menakutkan.

Namun, ada cara agar orang yang paling introvert sekalipun dapat berteman tanpa merasa bahwa mereka tidak memiliki keterampilan sosial apa pun.

Menjadi seorang introvert tentu tidak sama dengan antisosial atau tidak menyukai orang lain. Ini berarti mereka membutuhkan lebih banyak waktu sendirian dibandingkan kebanyakan orang untuk mengisi ulang tenaga.

Perjuangan untuk mendapatkan teman baru adalah masalah umum yang dialami oleh hampir semua introvert karena berbagai alasan, dikutip dari All About Introverts, Rabu (3/4), berikut uraiannya:

Mereka Sensitif

Introvert terbukti sensitif dibandingkan ekstrovert dalam beberapa hal. Pertama, mereka lebih sensitif terhadap rangsangan sehingga acara sosial yang bising otomatis mematikan minatnya.

Akibatnya, kesempatan untuk bertemu teman baru semakin berkurang. Bagi para introvert, tempat ramai hanya bisa ditoleransi dalam jangka waktu singkat.

Sensitivitas terhadap rangsangan dapat memengaruhi cara mereka merespons perubahan di lingkungannya, itu sebabnya para introvert cenderung tidak menyukai situasi sosial yang mengharuskan mereka bertemu orang atau mencoba hal baru.

Mereka Membutuhkan Banyak Waktu Sendirian

Introvert membutuhkan waktu menyendiri secara teratur dan konsisten. Begitulah cara mereka mengisi ulang tenaga dan berpikir, akan sulit bagi mereka untuk melakukan hal-hal ini jika harus terus berinteraksi dengan orang lain.

Meningkatnya kebutuhan akan waktu sendiri ini secara otomatis membuat hubungan dengan teman baru menjadi lebih sulit.

Mereka Menginginkan Persahabatan Sejati

Pada akhirnya, orang-orang introvert mencari persahabatan jangka panjang. Mereka menginginkan teman yang dapat dipercayai dan memahami mereka, itu sulit didapat jika bergaul dengan banyak orang. 

Persahabatan sejati membutuhkan waktu, dan para introvert pada akhirnya ingin berinvestasi pada orang-orang yang sepadan dengan waktu mereka.

Mereka Tidak Suka Obrolan Ringan

Introvert biasanya tidak menyukai obrolan ringan semata-mata karena hal tersebut sering kali tidak bermakna.

Ketika berbicara tentang cuaca dan topik sepele lainnya, tidak ada gunanya mengetahui apa pun tentang orang tersebut.

Introvert lebih tertarik pada percakapan yang mendalam. Mereka ingin mengenal orang-orang baru secara pribadi dan ingin mengetahui apa yang membuat seseorang tergerak.

Mereka Selektif

Dalam hal menjalin pertemanan, introvert sangat selektif dalam menentukan siapa yang akan mereka izinkan masuk ke dalam lingkaran terdekatnya, sehingga mereka belum tentu mencari banyak teman.

Sebaliknya, mereka memilih untuk memiliki beberapa orang terdekat misal satu atau dua teman baik.

Mereka memilih menginvestasikan waktu dalam membangun ikatan sekuat mungkin daripada berfokus pada kuantitas.

Selain itu, introvert biasanya suka percakapan satu lawan satu daripada obrolan grup. Lebih mudah bagi introvert untuk terbuka dan berbagi pemikiran mereka selama interaksi empat mata karena tidak ada gangguan lain yang dapat menggagalkan percakapan.

Menindaklanjuti Rencana Bisa Jadi Sulit

Mereka yang introvert menghadapi batasan jelas dalam hal rangsangan. Jika suatu hari kerja sangat menantang atau terjadi konfrontasi, mereka mungkin mencapai ambang batasnya jauh lebih cepat dari yang diperkirakan pada hari tertentu.

Oleh karena itu, mereka menghadapi kebutuhan membatalkan rencana secara rutin. Meskipun hal ini bervariasi dari orang ke orang, introvert memiliki keinginan lebih kuat membatalkan rencana dibandingkan ekstrovert.

Beberapa orang tidak dapat memahami ambang rangsangan introvert dan mungkin menyalahkan kelemahan mereka atau sekadar tidak menjadi teman yang baik.

Mereka Puas

Karena orang introvert menikmati waktunya sendiri, mereka mempunyai banyak kesempatan untuk berpikir dan merenungkan keadaannya.

Hal ini membuat mereka lebih siap melakukan perubahan dalam hidup jika diperlukan untuk mencapai rasa damai.

Mereka mempunyai waktu dan energi untuk merefleksikan dan mengevaluasi dalam hati siapa diri mereka dan apa yang diinginkan dalam hidup.

Dengan menikmati kebersamaan dengan dirinya sendiri, para introvert menciptakan rasa puas hanya dengan berada sendirian atau bersama beberapa orang terdekat.

Pada akhirnya, introvert merasa nyaman bersama lingkaran kecil mereka.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #alasan #mengapa #seorang #introvert #sulit #mendapatkan #teman #baru #salah #satunya #mereka #selektif

KOMENTAR