Dua Amalan Utama yang Bisa Dilakukan Ketika Mengejar Malam Lailatul Qadar
doa malam lailatul qadar (LoganArt/Pixabay)
21:04
2 April 2024

Dua Amalan Utama yang Bisa Dilakukan Ketika Mengejar Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan dalam bulan Ramadhan. Pada malam ini para umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan amal sholeh demi mendapatkan rahmat, ampunan, karunia, pahala, dan syafaat.

Lalu amalan apa yang bisa dilakukan agar mendapatkan malam Lailatul Qadar?

Melansir dari ceramah Ustadz Adi Hidayat, ia menjelaskan ada dua amalan utama yang harus dilakukan dalam malam Lailatul Qadar, salah satunya adalah salat.

"Disebutkan Nabi SAW dari sekian rencana amalan itu adalah salat, jadi amalan spesifiknya itu salat," kata sang ustadz.

Mengutip hadis Bukhari nomor 35, barangsiapa yang mampu menunaikan salat di malam Lailatul Qadar dengan tulus atas nama Allah SWT, maka ia akan mendapatkan ampunan dosa.

Maka beruntunglah orang yang salat di malam lailatul qadar akan mendapatkan pahala 83 tahun dan bonus ampunan dosa. Namun, tak semua berhak mendapatkannya lantaran ada syaratnya.

"Ada syarat yang sangat mengikat syarat ketentuan berlaku yakni jika ia tunaikan dengan keyakinan penuh karena Allah SWT serta disertai ketulusan," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Amalan utama kedua yang dianjurkan dilakukan pada malam Lailatul Qadar adalah membaca doa khusus yang diajarkan Rasulullah SAW kepada istrinya Aisyah RA.

                                                                                                                                                             اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad, dari Aisyah).

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #amalan #utama #yang #bisa #dilakukan #ketika #mengejar #malam #lailatul #qadar

KOMENTAR