Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas Indonesia yang Disentil Coach Justin
Ernanda Putra. [Instagram/ernandaputra]
14:22
31 Maret 2024

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas Indonesia yang Disentil Coach Justin

Desainer bernama Ernanda Putra, tengah disorot. Ia dianggap bersikap antikritik atas masukan terhadap desain jersey Timnas Indonesia buatannya bersama tim Makna Group.

Salah satu kritik itu didapat dari Justinus Lhaksana atau yang akrab disapa Coach Justin. Bukannya menerima, Ernanda Putra malah dianggap balik menyindir Coach Justin.

“Justin yang gue tau cuman Justin Hubner, Timberlake dan Bieber. Siapalah dia tiba2 jadi ngomongin desain. udalah oom lo urus aja hidupmu sendiri,” cuitan Ernanda melalui akun X, @ernandaputra.

“Namanya juga komentator. kerjaannya ya cari panggung. kalo enggak, enggak makan dong besok,” lanjutnya.

Sindiran itu menuai reaksi negatif dari pencinta sepakbola Tanah Air hingga digaungkan tagar #/boikotmakna. Hal tersebut membuat profil sosok Ernanda Putra ikut menuai rasa penasaran publik.

Profil Ernanda Putra

Ernanda Putra merupakan seorang kreator di bidang desain grafis, fotografi, dan media sosial. Ia lulus dari jurusan Desain Grafis Universitas Pelita Harapan (UPH) pada tahun 2006 silam.

Pria yang akrab disapa Nanda itu pernah menjabat sebagai Creative Director di FullFill Artplication. Lalu, ia juga kerap menjadi pengajar UPH selama tujuh tahun pada 2015-2022.

Di sisi lain, ia dan Keenan Pearce mendirikan perusahaan di bidang kreatif bernama Makna Group. Melalui laman resmi Makna Group, mereka menawarkan beragam jasa seperti conceptual advertisement, creative and art direction, hingga concept and content development.

Makna Group memiliki misi, yakni  menginspirasi para pelaku industri kreatif. Tepatnya agar berani melangkah lebih jauh dan menjangkau terciptanya proyek yang punya dampak besar.

Hingga saat ini, Makna Group, lewat lini bisnis Makna Creative, sudah menangani berbagai proyek dari brand-brand besar di Indonesia. Sebut saja AXE, Tiket.com, dan Buka Lapak. 

Dalam perusahaan itu, Ernanda tidak bekerja sendirian, tetapi turut didukung oleh tim kreatif. Di antaranya Ellyse Sinsilia, Jordy Yohannes, Alexander Averil, dan sosok-sosok berbakat lainnya.

Salah satu proyek terbaru yang melibatkan Ernanda Putra dan timnya itu adalah desain jersey Timnas Indonesia oleh Erspo. Ini merupakan brand sportswear milik Erigo. 

Melalui kolaborasi tersebut, Makna Creative bertanggung jawab atas beberapa hal. Mulai dari desain branding, konsep logo Erspo, hingga filosofi dan desain jersey Timnas.

Ernanda Putra Minta Maaf

Menyusul kontroversinya, Ernanda Putra menyampaikan permintaan maaf. Ia juga berterima kasih atas kritik dan saran terhadap desainnya. Ia pun berjanji akan berkontribusi yang lebih baik lagi.

"Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi ya teman-teman… Dan terima kasih atas kritik juga sarannya, semoga kedepannya saya dan @makna bisa berkontribusi lebih baik lagi," tulis Ernanda, Sabtu (30/3/2024).

Cuitan itu lalu dikomentari oleh Coach Justin. Ia meminta Ernanda meminta maaf langsung karena desainer ini menyerangnya secara pribadi. Jika tidak, permasalahan itu akan dilanjut.

"Gw tunggu minta maaf pribadi ke gw, krn lu dah serang gw pribadi, kl ga akan gw lanjutkan ini," komentar Justin melalui akun @CoachJustinL.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #ernanda #putra #desainer #jersey #timnas #indonesia #yang #disentil #coach #justin

KOMENTAR