Hidup Damai Tanpa Drama, Simak 8 Cara Menyingkirkan Orang Toxic dan Bermasalah dari Hidup Anda
Ilustrasi orang toxic yang bermasalah/Pexels/Antoni Shkraba
17:10
29 Maret 2024

Hidup Damai Tanpa Drama, Simak 8 Cara Menyingkirkan Orang Toxic dan Bermasalah dari Hidup Anda

 

- Toxic People atau orang yang membawa pengaruh buruk sering kali menjadi salah satu masalah besar yang menghambat perkembangan diri seseorang yang berada di sekitarnya.

Energi negatif yang muncul dari orang atau hubungan yang beracun alias toxic, tentu akan menguras emosi, bahkan membuat kesehatan mental seseorang dapat terganggu dan bermasalah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih lingkungan dan relasi yang tepat agar tidak terpengaruh dan memperoleh dampak yang diakibatkan dari orang toxic.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan orang toxic dari kehidupan jika mereka terlanjur masuk dan merusak hubungan, bahkan kondisi fisik dan mental.

Artikel ini membahas cara yang tepat untuk menghadapi orang-orang semacam itu dan menyingkirkannya dari hidup Anda.

Dilansir dari laman Ideapod pada Jumat (29/3), berikut ini cara ampuh menyingkirkan orang toxic.  

to

1) Tetapkan batasan

Belajar untuk menetapkan batasan adalah bagian penting untuk menyingkirkan orang yang toxic dari hidup Anda.

Menetapkan batasan bukan berarti bersikap tidak baik atau memusuhi mereka. Itu berarti memprioritaskan kesejahteraan dan kesehatan mental.

Memang, pada awalnya sulit. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai memahami dan menghormati batasan yang ada. Jika mereka tidak menghargai itu, pertanda bahwa perlu menjauhkan diri.

2) Kenali toksisitasnya

Tidak semua hubungan yang sulit itu toxic, jadi sangat penting untuk membedakannya. Orang yang bermasalah akan menguras energi, merendahkan harga diri, atau membawa hal-hal negatif ke dalam hidup Anda.

Hal yang normal dalam setiap hubungan jika mengalami pasang surut, tetapi jika Anda terus-menerus merasa tidak bahagia, stres, atau cemas di sekitar orang tertentu, itu adalah tanda toxic.

Setelah Anda mengetahui permasalahannya, Anda akan lebih siap untuk menghadapinya. Ini adalah langkah penting untuk melindungi kesehatan mental dan emosional Anda.

3) Jaga jarak

Setelah Anda mengenali perilaku toxic dan menetapkan batasan, penting untuk menjaga jarak.

Ini bukan berarti memutus semua kontak, terutama jika orang yang beracun itu adalah anggota keluarga atau rekan kerja.

Ini berarti membatasi interaksi dan menyelamatkan kesehatan mental dan emosional Anda.

Hindari terlibat dalam percakapan atau argumen yang tidak perlu. Jika Anda harus berinteraksi, jagalah agar percakapan tetap netral dan singkat.

3) Mencari dukungan

Melewati proses menyingkirkan orang yang beracun dari hidup Anda dapat menguras emosi. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki support system yang solid di sekitar Anda.

Teman, keluarga, atau bahkan terapis profesional dapat memberikan dukungan emosional yang Anda butuhkan selama masa-masa sulit ini.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial tidak hanya membantu seseorang mengatasi masa-masa sulit, tetapi juga berperan dalam kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

Jangan ragu untuk menghubungi orang yang Anda cintai untuk mendapatkan kenyamanan dan saran. Jika diperlukan, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional.

5) Memaafkan, tapi jangan lupakan

Memaafkan adalah alat yang ampuh untuk penyembuhan.

Memendam kebencian atau kemarahan terhadap orang yang toxic dapat membuat Anda terikat dengan mereka secara emosional.

Dengan memaafkan, kamu tidak memaafkan tindakan mereka atau melupakan rasa sakit yang telah mereka timbulkan. Kamu hanya melepaskan kekuatan yang mereka miliki atas emosimu.

Memaafkan untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain. Biarkan diri Anda melepaskan rasa sakit dan melanjutkan hidup.

6) Berlatihlah untuk merawat diri sendiri

Meninggalkan orang yang toxic pada awalnya dapat menimbulkan emosi. Anda mungkin merasa bersalah, sedih, atau bahkan lega, dan semua itu sangat normal.

Oleh karena itu, rawatlah diri sendiri dengan penuh kasih sayang setiap hari.

Entah itu memanjakan diri dengan memanjakan hasrat, berjemur di pelukan alam, menemukan ketenangan dalam meditasi, atau mencari bimbingan dari seorang profesional.

Perawatan diri bukanlah hal yang sia-sia, ini untuk menjaga kewarasan. Anda berhak atas dunia yang penuh kebahagiaan tanpa orang toxic. Jadi, manjakan diri Anda dengan cinta dan kebahagiaan.

7) Temukan kekuatan dari pengalaman tersebut

Pengalaman dengan orang yang toxic bisa jadi menyakitkan, tapi bisa juga mengubah hidup Anda.

Pengalaman tersebut, membuat Anda lebih kuat dan lebih sadar akan kesehatan emosional, meskipun pada awalnya terasa sangat sulit.

Tidak masalah untuk mengakui rasa sakit hati, tetapi jangan lupa untuk mengakui pertumbuhan yang datang dari pengalaman yang menyakitkan ini.

8) Melangkah maju

Melepaskan orang yang beracun dapat meninggalkan kekosongan dalam hidup Anda. Ooleh karena itu, sangat penting untuk mengisi kekosongan ini dengan hal-hal yang positif.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang supportif, lakukan aktivitas yang menyenangkan, dan fokuslah pada pertumbuhan pribadi.

Proses move on tidak terjadi dalam semalam. Tidak apa-apa jika Anda mengalami hari-hari yang buruk. Percayalah pada proses dan kekuatan Anda.

Itulah cara untuk menghadapi orang toxic dan menyingkirkannya dari kehidupan.

Pada awalnya tentu tidak mudah, perlu proses yang tidak sebentar untuk menerima keadaan dan benar-benar bangkit setelah meninggalkan orang atau beranjak dari hubungan toxic.

Namun, semakin cepat dihadapi maka akan semakin cepat pula proses untuk tumbuh lebih baik dari orang-orang semacam itu.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hidup #damai #tanpa #drama #simak #cara #menyingkirkan #orang #toxic #bermasalah #dari #hidup #anda

KOMENTAR