9 Manfaat Tamanu Oil Untuk Rambut: Kesehatan Kulit Kepala Alami
tamanu oil diambil dari pexels.com
04:28
29 Maret 2024

9 Manfaat Tamanu Oil Untuk Rambut: Kesehatan Kulit Kepala Alami

– Menjaga kesehatan kulit kepala merupakan hal penting bagi setiap orang. Terlebih lagi memiliki rambut yang sehat dan cantik, menjadi idaman semuanya terutama bagi perempuan.

Kesehatan kulit kepala dapat dirawat dengan berbagai macam cara, baik dengan perawatan produk-produk yang tersedia maupun dengan cara alami dan tradisional.

Terdengar lebih rumit, namun bukankah perawatan secara tradisional lebih memberikan dampak keseluruhan?

Tamanu oil menjadi salah satu cara tradisional untuk perawatan sel-sel kulit secara alami. Minyak kecantikan alami ini dapat diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala sehingga mampu melawan ketombe, psoriasis kulit kepala, serta rambut rontok.

Melansir dari aalthingshair.com tamanu oil berasal dari ekstrak kacang laurelwood dari dua jenis pohon, yakni Calophyllum inophyllum dan Calophyllum tacamahaca.

Kita bisa mengenali biji tamanu oil yang berwarna hijau gelap dan sekitar 70 persen bijinya mengandung minyak.

Tamanu oil memiliki tekstur sedikit cair dan tidak bisa diminum. Bau yang dikeluarkannya cukup kuat dan menyerupai minyak castor.

Meskipun tergolong aman untuk dipakai, tetap perlu diwaspadai kemungkinan reaksi alergi, serta adanya malassezia atau jamur pada kulit kepala.

Adapun 9 manfaat tamanu oil untuk kesehatan rambut dikutip dari dkapster.com sebagai berikut.

1. Mengurangi iritasi akibat gatal

Tamanu oil memiliki kandungan antimikroba dan antibiotik sehingga dapat mengatasi iritasi karena gatal. Jadi, apabila sudah merasakan adanya iritasi sebab gatal pada kulit kepala, tamanu oil cocok dijadikan obat.

2. Melembabkan batang rambut

Tamanu oil memiliki Calophyllolide atau zat yang mengandung anti inflamasi, delta tocotrienol (salah satu bentuk vitamin E) dan antioksidan lainnya. Untuk pemakaiannya, dapat secara langsung atau mencampurkan dengan produk lain agar mampu melembabkan batang rambut.

3. Mengatasi rambut rontok

Meskipun belum ada riset yang menunjukkan, tamanu oil diperkirakan serta diyakini mampu mengatasi rambut rontok, dengan cara mengoleskan secara merata pada area permukaan kulit kepala.

4. Mendorong tumbuhnya helaian rambut baru

Manfaat satu ini juga belum ada riset yang menunjukkan, akan tetapi banyak yang telah meyakini kalau tanamu oil mampu mengatasi ketombe. Tamanu oi juga dipercaya dapat menumbuhkan rambut dengan subur dan sehat, serta ternutrisi.

5. Mengurangi ketombe

Mengatasi ketombe merupakan fungsi utama penggunaan tamanu oil. Hal tersebut dikarenakan mengandung anti mikroba untuk menurunkan jamur di kulit kepala.

6. Melembabkan ujung rambut yang bercabang

Tamanu oil yang memiliki zat dengan kandungan anti inflamasi, vitamin E, dan antioksidan menjadikannya andalan dalam merawat ujung rambut yang bercabang atau kasar. Cara penggunaannya hanya dengan menepuk atau meremaskannya pada ujung rambut.

7. Melindungi rambut dari produk penataan

Tamanu oil bagu untuk melindungi rambut sebelum memakai hairspray atau flat iron, oleh sebab itu berfungsi sebagai pelapis rambut. Namun, hindari pemakaian catok secara langsung setelah menggunakan tamanu oil.

8. Membasmi kutu rambut

Kandungan mikroba yang terdapat pada tamanu oil mampu menghambat reproduksi kutu rambut di kulit kepala. Tamanu oil juga dapat mengatasi peradangan dan kulit kepala gatal.

9. Menjadi anti-UV alamiah

Dalam jurnal Tamanu Oil and Skin Active Properties: from Tradisional to Modern Cosmetic Uses pada tahun 2018, tamanu oil berfungsi untuk melindungi dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

Tamanu oil mampu menyerap sinar UV secara signifikan Antara spectrum 260 dan 400 nm.

Agar mendapatkan manfaat tamanu oil secara maksimal pada rambut, gunakan sebagai tambahan dari rangkaian produk perawatan lainnya, seperti mencampurkannya pada sampo dan kondisioner. Sebab, tamanu oil lebih cenderung mampu untuk melapisi rambut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #tamanu #untuk #rambut #kesehatan #kulit #kepala #alami

KOMENTAR