Intip 7 Rahasia Kebiasaan Orang-orang Sukses saat Memulai Pagi Mereka di Setiap Harinya
ILUSTRASI: Meditasi usai bangun tidur (Andrea Piacquadio dari Pexels)
10:52
28 Maret 2024

Intip 7 Rahasia Kebiasaan Orang-orang Sukses saat Memulai Pagi Mereka di Setiap Harinya

 

 

Anda mungkin pernah mendengar pepatah yang dikemukakan oleh penulis Tim Ferriss, yang mengatakan bahwa, "Jika Anda menang di pagi hari, Anda juga akan memenangkan sepanjang hari itu.” Dan memang benar, cara Anda memulai pagi akan menentukan suasana sepanjang hari Anda.

Namun, sebelum Anda mencoba salah satu solusi cepat untuk menyegarkan pagi Anda dan meningkatkan produktivitas Anda, perlu diingat bahwa merevitalisasi pagi Anda memerlukan lebih dari lima menit. 

Rahasianya adalah mengubah rutinitas pagi Anda dengan cara yang sesuai untuk Anda dan menindaklanjuti praktik tersebut setiap hari. Jadi, apa yang membuat rutinitas pagi menjadi baik dan menginspirasi Anda akan sebuah kesuksesan?

Dilansir dari usemotion.com, Kamis (28/3), terdapat 7 kebiasaan pagi yang diterapkan oleh orang-orang sukses dan dapat memandu Anda dalam menciptakan rutinitas pagi unik yang benar-benar dapat Anda patuhi.

  1. Buat daftar tugas rutin Anda setiap malam

Identifikasi tugas yang ingin Anda selesaikan atau kebiasaan yang ingin Anda lakukan selama esok hari. Daftar tugas pagi Anda akan memberi tahu Anda dengan tepat apa yang perlu Anda lakukan pertama kali ketika Anda bangun. 

Selain itu, membuat daftar tugas sebenarnya dapat mengurangi pikiran yang mengganggu dan stres, sehingga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam harinya.

  1. Tidur dan bangun pagi di waktu yang sama setiap harinya

Kita semua harus mengakui bahwa sangat dibutuhkan banyak disiplin untuk bisa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. 

Penelitian menemukan bahwa pola tidur yang tidak teratur dikaitkan dengan kinerja akademis yang lebih buruk dan risiko lebih tinggi terkena obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi, gula darah tinggi, dan gangguan metabolisme lainnya .

Mempertimbangkan semua dampak buruk dari pola tidur yang tidak teratur, pertimbangkan untuk memilih waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten dan patuhi itu.

Saat mengidentifikasi waktu tidur dan waktu bangun Anda, ingatlah bahwa Anda harus berusaha mendapatkan tidur yang cukup. 

Para ahli mengatakan, orang dewasa harus tidur antara 7 dan 9 jam. Untuk orang berusia 65 tahun ke atas, mereka merekomendasikan tidur selama 7 hingga 8 jam. Ingatlah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.

 

Jernihkan pikiran Anda sebelum memulai aktivitas 

Seperti apa pikiran Anda di pagi hari?

Apakah Anda terbangun dengan kaget karena bunyi alarm yang menggelegar? Kemudian Anda segera melompat dari tempat tidur, mengenakan pakaian, memasukkan satu gigitan sarapan ke dalam mulut, lalu bergegas keluar rumah, dan Anda melakukan semuanya dalam rentang waktu hanya 15 menit?

Cobalah memberi diri Anda dan tubuh Anda waktu untuk bernapas dan rileks ketika baru saja bangun dari tidur Anda. Alangkah lebih baik untuk memulai hari Anda dengan aktivitas yang membantu memusatkan pikiran Anda.

Anda mungkin bisa bermeditasi selama beberapa menit, mencatat pemikiran Anda dalam jurnal sejenak, atau sekadar meluangkan waktu sejenak untuk melakukan refleksi diri, praktik-praktik ini dapat membantu Anda untuk menjernihkan pikiran di pagi hari.

  1. Hindari memeriksa ponsel Anda

Empat puluh sembilan persen orang memeriksa ponsel mereka terlebih dahulu di pagi hari ketika mereka baru saja bangun. Dan jika Anda salah satunya, ini bisa membuang-buang waktu dan mengganggu rutinitas pagi Anda.

Itu sebabnya para ahli produktivitas merekomendasikan untuk tidak menggunakan ponsel di pagi hari, tepatnya saat Anda baru bangun tidur dan memulai aktivitas Anda.

Hindari meletakkan ponsel di meja samping tempat tidur atau meja samping tempat tidur. Anda dapat menyimpan ponsel di ruangan lain semalaman atau dengan memasukkannya ke dalam laci di meja samping tempat tidur Anda.

  1. Minum air putih

Menghidrasi tubuh Anda setelah tidur malam yang panjang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan membuang racun apa pun yang mungkin menumpuk di sistem Anda dalam semalam. 

Ini akan membangunkan sistem pencernaan Anda menjadi lebih baik dan memudahkan tubuh Anda memproses makanan dan membakar kalori sepanjang hari. Hasilnya, Anda akan merasa fokus, dan segar.

Jadi, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menjadikan minum air sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda di setiap harinya.

Agar lebih mudah mengingatnya, simpanlah botol atau segelas air di meja samping tempat tidur Anda. Dengan begitu, Anda akan diingatkan untuk segera minum setelah bangun tidur.

  1. Berolahraga atau lakukan aktivitas fisik

Hal ini disarankan karena ada puluhan manfaat dari rutin berolahraga, diantaranya, tidur lebih nyenyak, mengurangi kelelahan, meningkatkan energi, mengurangi tingkat stres dan kecemasan, mengontrol tekanan darah dan mengurangi perasaan depresi.

Semua manfaat ini dapat meningkatkan rutinitas pagi dan juga berpengaruh pada sepanjang hari Anda secara signifikan. Penting untuk menemukan bentuk olahraga yang Anda sukai.

Anda mungkin bisa melakukan kardio, angkat beban, atau memulai yang sederhana, seperti jalan kaki 30 menit setiap hari. Jangan salah, jalan kaki ini akan memicu mengalirnya ide dalam otak Anda.

Menariknya, banyak penulis terkenal dan pemikir brilian juga mengalami fenomena ini saat berjalan. Penulis Henry David Thoreau, yang sering berjalan kaki, berkata, “Saya berpikir bahwa saat kaki saya mulai bergerak, pikiran saya mulai mengalir.”

Dan Filsuf Friedrich Nietzsche berkata, “Semua pemikiran hebat muncul sambil berjalan.” Dia terkadang berjalan hingga delapan jam sehari.

 

  1. Selesaikan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu

Kebanyakan orang mungkin akan tergoda untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas termudah terlebih dahulu. Sebab, mereka bisa merasakan pencapaiannya saat menyelesaikan tugas itu dengan cepat.

Namun, hal ini sering kali menyebabkan orang terus-menerus menunda pekerjaan yang sulit namun penting dan berdampak besar. Menunda pekerjaan berprioritas tinggi ini dapat menghambat kemajuan Anda.

Itu sebabnya banyak pakar produktivitas menyarankan untuk melakukan tugas tersulit Anda terlebih dahulu.

Editor: Kuswandi

Tag:  #intip #rahasia #kebiasaan #orang #orang #sukses #saat #memulai #pagi #mereka #setiap #harinya

KOMENTAR