Zikir Pendek Bulan Rajab, Mudah Diamalkan Sambil Kerja dan Beraktivitas
dzikir malam Jumat agar doa terkabul (Pexels)
15:10
14 Januari 2024

Zikir Pendek Bulan Rajab, Mudah Diamalkan Sambil Kerja dan Beraktivitas

Memasuki bulan Rajab, banyak ibadah yang bisa diamalkan dan menambah pahala seorang muslim. Selain puasa Rajab yang dapat disimak di artikel terkait, ada juga zikir bulan Rajab yang bisa diamalkan dengan mudah tanpa ganggu kesibukan Anda.

Pada 12 januari 2024 lalu, secara resmi umat Islam menyambut datangnya bulan Rajab. Bulan dalam kalender Hijriah ini dikatakan memiliki banyak sekali berkah yang bisa dimaksimalkan dengan berbagai amalan, seperti puasa dan zikir.

Beberapa zikir yang bisa diamalkan di bulan Rajab tanpa mengganggu aktivitas adalah sebagai berikut.

Zikir Bulan Rajab

Ada cukup banyak sumber yang menyampaikan deretan zikir bulan Rajab yang dapat menjadi acuan. Beberapa zikir atau amalan yang bisa dilakukan sewaktu-waktu antara lain adalah sebagai berikut.

  • اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُورُ)
    Artinya: ‘Ya Allah, ampunilah dosaku dan kasihanilah aku, serta terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih. Atau sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun.’
  • Zikir ini sering kali dibaca oleh Rasulullah SAW.
    صَلَّى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم الضُّحَى ثُمَّ قَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، حَتَّى قَالَهَا مِئَةَ مَرَّةٍ
    Artinya: ‘Rasulullah SAW melaksanakan sholat Dhuha, kemudian beliau mengucapkan, ‘Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Pengampun. Bacaan ini dilakukan hingga 100 kali. Diriwayatkan oleh Bukhari dan bersumber dari Aisyah R.A.
  • اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْت
    zikir berikutnya ini dikenal dengan nama penghulu istighfar. Anda dapat membaca zikir ini setiap bulan, tidak hanya di bulan Rajab saja, bahkan setiap hari. Bacaan tersebut sendiri dikutip dari NU Online, yang artinya: ‘Hai Tuhanku Engkau Tuhanku. Tiada Tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah imat sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.’.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #zikir #pendek #bulan #rajab #mudah #diamalkan #sambil #kerja #beraktivitas

KOMENTAR