Daftar Bisnis Raffi Ahmad yang Tuai Kontroversi, Terbaru Pusat Kuliner di BSD
Raffi Ahmad [Instagram]
13:55
26 Maret 2024

Daftar Bisnis Raffi Ahmad yang Tuai Kontroversi, Terbaru Pusat Kuliner di BSD

Raffi Ahmad baru saja membangun sebuah pusat kuliner yang dinamai Rans Nusantara Hebat. Namun netizen nampak memberikan komentar miring terhadap pusat kuliner yang terletak di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) itu.

Seperti yang diketahui, Raffi Ahmad memiliki deretan bisnis di berbagai sektor, mulai dari media hiburan, fashion, kecantikan hingga kuliner.

Namun bisnis Raffi Ahmad tak selalu mendapat bisnis hangat, ada beberapa yang menimbulkan kontroversi dan mendapat kritik tajam.

Berikut beberapa bisnis Raffi Ahmad yang menuai kontroversi.

1. RANS Nusantara Hebat

RANS Nusantara Hebat menjadi bisnis terbaru Raffi Ahmad yang menuai komentar miring. Pasalnya pusat kuliner itu dibangun di kawasan BSD, yang baru saja diumumkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) baru.

Karena hal itu, muncul dugaan bisnis Raffi Ahmad bisa terwujud karena kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo. Apalagi proyek RANS Nusantara Hebat itu melibatkan anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Sebab seperti diketahui, sebelumnya Raffi Ahmad aktif menjadi salah satu tim sukses pasangan calon presiden Prabowo-Gibran kemarin, yang mendapat dukungan penuh Presiden Jokowi.

2. Beach Club di Gunung Kidul

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan Aktor Raffi Ahmad berswafoto setelah peletakan batu pertama pembangunan Beach Club di Dusun Bruno 2, Ngestitejo, Tanjungsari, Gunungkidul. (Instagram/@raffinagita1717)Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan Aktor Raffi Ahmad berswafoto setelah peletakan batu pertama pembangunan Beach Club di Dusun Bruno 2, Ngestitejo, Tanjungsari, Gunungkidul. (Instagram/@raffinagita1717)

Raffi Ahmad pada Desember 2023 kemarin mengumumkan dirinya membangun beach club dan resot di Pantai Krakal, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Beach Club yang diberi nama Bekizart ini kabarnya bakal menjadi yang terbesar di Indonesia dan mulai dibangun di awal 2024.

Tapi proyek tersebut ditentang oleh Wahana Lingkuhan Hidup Indonesia (Walhi). Pasalnya, lokasi untuk pembangunan beach club merupakan kawasan karst atau kawasan lindung geologi.

Ditakutkan pembangunan beach club di lokasi tersebut akan menimbulkan dampak negatif di lingkungan sekitar.

3. Kebun Binatang

Pada 2021 lalu, Raffi Ahmad lewat perusahaannya, RANS Entertainment mengabarkan berencana membangun kebun binatang yang diberi nama RANS Carnaval City Zoo di kawasan elit Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara.

Terkait rencangan pembangunan kebun binatang itu, aktivis pencinta hewan, Davina Veronica diduga melayangkan sindiran kepada Raffi Ahmad.

Alasannya, membangun kebun binatang perlu tanggung jawab dan dedikasi dari si pemilik. Menurutnya, lebih baik memberi perhatian pada kebun binatang yang sudah ada ketimbang membuka yang baru.

Namun hingga kini, pembangunan RANS Carnaval City Zoo sendiri masih menjadi tanda tanya. Pasalnya sejak pertengahan 2023 kemarin, Instagram resmi mereka tidak aktif dan tak ada kabar kelanjutannya.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #daftar #bisnis #raffi #ahmad #yang #tuai #kontroversi #terbaru #pusat #kuliner

KOMENTAR