Apakah Pasanganku Selingkuh? Berikut 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Curiga Pasangan Berselingkuh
Ilustrasi: Curiga pasangan berselingkuh (Jcomp-freepik)
17:14
24 Maret 2024

Apakah Pasanganku Selingkuh? Berikut 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Curiga Pasangan Berselingkuh

Perselingkuhan, sebuah masalah cinta yang tak pernah ada habisnya. Masalah ini bisa muncul dalam baik dalam hubungan suami istri, pertunangan hingga hubungan tanpa status.

Seringkali orang bingung ketika curiga pasangannya terjerumus ke dalam jurang perselingkuhan. Ada yang bertindak terlalu gegabah hingga ada yang takut dan lebih memilih diam tak bersuara. Melansir Business Insider, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan saat curiga pasangan berselingkuh di belakang kita:

1.Buatlah daftar pro dan kontra

Membuat daftar pro dan kontra mungkin terdengar sederhana, tetapi hal ini dapat membantu kita menghadapi kenyataan secara langsung terkait dengan kecurigaan perselingkuhan dalam hubungan kita. Pertanyaan apakah hubungan layak dilanjutkan setelah kecurigaan terbukti dan apakah kita bisa melanjutkan hidup setelah insiden kecurangan merupakan pertanyaan penting yang perlu kita ajukan pada diri sendiri. Dengan membuat daftar pro dan kontra, kita dapat menempatkan situasi tersebut dalam perspektif pribadi masing-masing.

2. Analisislah catatan kita untuk mencari ‘tanda bahaya’

Melakukan analisis terhadap catatan masa lalu kita dapat membantu dalam mengidentifikasi tanda-tanda bahaya yang mungkin telah diabaikan dalam hubungan saat ini. Dengan merenungkan pengalaman dan pemikiran penting yang tercatat dalam daftar pro-kontra masa lalu, kita dapat memahami proyeksi dan kecurigaan kita sendiri serta mengidentifikasi pola yang mungkin telah terulang dalam hubungan sebelumnya.

3. Carilah teman yang suportif

Mencari dukungan dari teman yang suportif adalah langkah penting dalam menghadapi situasi sulit seperti ini. Teman yang bersedia memberikan nasihat, mendengarkan, dan membantu kita menghadapi pikiran negatif dapat menjadi prioritas dalam mendukung kita melalui krisis ini, tanpa motif tersembunyi untuk drama.

4. Tuliskan semua yang kita pikirkan

Menuliskan semua pikiran dan perasaan kita dapat membantu kita memahami dengan lebih baik apa yang ingin kita lakukan dan sampaikan saat berbicara dengan pasangan. Hal ini dapat membantu menetapkan tujuan komunikasi dengan pasangan saat menghadapi konfrontasi terkait kecurigaan perselingkuhan.

5. Biarkan pasangan kita tahu bahwa kita ingin bicara

Memberitahu pasangan bahwa kita ingin membicarakan kekhawatiran kita adalah langkah penting. Terkadang, menunggu waktu yang tepat untuk berbicara tidak selalu bijaksana, oleh karena itu, kita perlu menciptakan kesempatan untuk berbicara secara langsung tentang masalah tersebut.

6. Lakukan percakapan di lingkungan yang mendukung dan aman

Melakukan percakapan di lingkungan yang mendukung dan aman merupakan hal penting dalam mengkonfrontasi pasangan tentang kecurigaan perselingkuhan. Memilih tempat yang nyaman dan aman dapat membantu mengurangi ketegangan dan memungkinkan energi untuk digunakan dalam berkomunikasi dengan pasangan secara efektif.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #apakah #pasanganku #selingkuh #berikut #yang #harus #dilakukan #saat #curiga #pasangan #berselingkuh

KOMENTAR