Ketahui 7 Ciri Orang yang Patut Dihindari, Hanya Memanfaatkan Kebaikan Anda, Menurut Psikologi
Orang yang memanfaatkan kebaikan orang lain menurut psikologi. (Freepik/Pressfoto)
08:32
24 Maret 2024

Ketahui 7 Ciri Orang yang Patut Dihindari, Hanya Memanfaatkan Kebaikan Anda, Menurut Psikologi

 

 - Berbuat baik kepada semua orang menjadi salah satu bentuk adab yang telah diajarkan dari generasi ke generasi agar memiliki hubungan sosial yang lebih baik.

Namun, tidak jarang orang yang memanfaatkan kebaikan dan pertolongan yang diberikan untuk terus menerus mengambil keuntungan dari orang lain. Tentunya, kondisi ini akan menguras tenaga dan emosi.

Sebelum kebaikan Anda dimanfaatkan oleh orang yang berniat buruk, kenali terlebih dahulu tanda-tanda yang muncul dari orang-orang semacam itu berdasarkan psikologi.

Artikel ini akan membahas tentang tanda seseorang yang hanya memanfaatkan kebaikan orang lain. Simak hingga selesai untuk mengetahui ciri-cirinya yang jarang disadari.

Dilansir dari laman Hack Spirit pada Minggu (24/3), berikut ini tanda bahwa seseorang memanfaatkan kebaikan Anda menurut psikologi.

1) Melanggar Privasi

Menghormati batasan pribadi adalah aspek mendasar dari setiap hubungan yang sehat, tetapi mereka yang memanfaatkan kebaikan sering kali mengabaikan batasan ini.

Mereka mungkin secara konsisten memaksakan waktu, ruang, atau energi Anda tanpa pertimbangan. Hal ini dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman, kebencian, dan bahkan kelelahan emosional.

2) Terus menerus meminta bantuan

Tanda utama dari seseorang yang mengambil keuntungan dari kebaikan Anda adalah mereka terus-menerus meminta bantuan dan terlihat krisis.

Meskipun membantu orang lain itu mulia, tetapi akan menjadi masalah jika hal ini menjadi jalan satu arah. Pasalnya, kebutuhan dan kesejahteraan Anda menjadi terabaikan.

3) Kurangnya balas budi

Sederhananya, mereka tidak pernah membalas budi atau kebaikan yang Anda beri. Anda mungkin selalu memberi, sementara mereka selalu menerima.

Ketidakseimbangan ini adalah tanda yang jelas bahwa seseorang mungkin memanfaatkan kebaikan Anda.

4) Merasa bersalah

Mereka yang memanfaatkan kebaikan Anda mungkin akan membuat Anda merasa bersalah ketika Anda mencoba untuk menetapkan batasan atau mengatakan tidak.

Mereka akan membuat Anda merasa bersalah karena tidak membantu, dan mempermainkan sifat baik Anda untuk memperoleh keuntungan.

5) Pesona yang berlebihan

Meskipun pesona sering dianggap sebagai sifat positif, pesona yang berlebihan terkadang bisa menjadi tanda bahaya.

Orang-orang yang memanfaatkan kebaikan Anda mungkin menggunakan pesonanya untuk membuat Anda tetap terlibat dan bersedia membantu mereka, sambil menghindari komitmen atau timbal balik yang nyata.

6) Komunikasi yang jarang

Jika seseorang hanya menghubungi ketika mereka membutuhkan sesuatu dari Anda, itu bisa menjadi pertanda bahwa mereka memanfaatkan kebaikan Anda.

Memang benar bahwa setiap orang memiliki kehidupannya masing-masing, tetapi hubungan yang seimbang melibatkan komunikasi dan dukungan dari kedua belah pihak.

7) Meremehkan masalah Anda

Setiap orang pernah mengalami hari-hari yang berat. Namun, ketika Anda menceritakan masalah, mereka tampaknya mengabaikannya atau, mengalihkan pembicaraan ke masalahnya sendiri.

Mereka melakukan hal itu seolah masalah Anda tidak penting atau tidak layak untuk diperhatikan. Ini merupakan tanda umum bahwa mereka memanfaatkan kebaikan Anda.

Itulah tanda nyata yang dapat dilihat jika seseorang sedang memanfaatkan kebaikan Anda. Tetap berhati-hati dan menerapkan batasan menjadi cara utama untuk menghindari hal-hal itu.

Tidak ada salahnya berbuat baik, tetapi jika kebaikan tersebut disalah artikan dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang jahat, sudah saatnya untuk mundur dan menjaga diri.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ketahui #ciri #orang #yang #patut #dihindari #hanya #memanfaatkan #kebaikan #anda #menurut #psikologi

KOMENTAR