Ingin Punya Hubungan yang Bahagia dan Langgeng? Mulailah dengan Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari
Ilustrasi pasangan. (Freepik)
19:00
23 Maret 2024

Ingin Punya Hubungan yang Bahagia dan Langgeng? Mulailah dengan Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari

 Setiap orang tentu menginginkan hubungannya bahagia dan langgeng. Namun, tak mudah untuk menjaga agar hubungan tersebut tetap berjalan dengan baik.

Para ilmuwan pun telah menemukan beberapa kebiasaan yang bisa membantumu memiliki hubungan yang bahagia dan langgeng dengan pasangan.

Simak beberapa hal yang bisa membantumu untuk memiliki hubungan yang bahagia dan langgeng, dikutip dari Hackspirit.com, Sabtu (23/3):

1. Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama

Menghabiskan waktu berkualitas bersama sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik.

Sebuah studi dari The National Marriage Project bertajuk 'The Date Night Opportunity' (Peluang Kencan Malam) menggarisbawahi pentingnya pasangan menghabiskan waktu bersama dalam aktivitas yang dapat mendorong komunikasi, hal baru, hingga kesenangan.

Penelitian menunjukkan, mendedikasikan waktu untuk satu sama lain dapat menghidupkan kembali perasaan romantis, memperkuat komunikasi, dan mengurangi kemungkinan menganggap remeh satu sama lain.

Waktu berkualitas bersama dapat memperkuat ikatan di antara pasangan dengan menciptakan kenangan dan pengalaman yang baru.

Hal tersebut dapat mengubah rutinitas sehari-hari yang monoton serta memungkinkan pasangan untuk fokus pada kebutuhan dan keinginan satu sama lain.

Studi ini menyoroti bahwa melakukan aktivitas baru bersama-sama dapat meningkatkan kepuasan hubungan dan meningkatkan perasaan satu sama lain.

Untuk itu, kamu dan pasangan dapat merencanakan kencan malam rutin atau aktivitas yang kalian sukai. Bisa dengan memasak makanan bersama atau hanya sekadar jalan-jalan.

Kalian harus memanfaatkan momen tersebut dengan baik, menjauhkan ponsel kalian atau hal lainnya agar dapat berkomunikasi secara intens satu sama lain.

2. Mengekspresikan Rasa Terima Kasih

Merasa dihargai menjadi salah satu kebutuhan mendasar setiap orang. Selain itu, mengungkapkan rasa terima kasih kepada pasangan dapat meningkatkan kepuasan hubungan secara signifikan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology meneliti efek positif rasa syukur terhadap dinamika hubungan.

Disebutkan bahwa ungkapan rasa syukur dapat meningkatkan persepsi seseorang terhadap kekuatan hubungan dan kemauan untuk bekerja sama dalam menyelesaikan konflik.

Diketahui, mengekspresikan rasa syukur tidak hanya membuat pasanganmu merasa dihargai, tetapi juga menumbuhkan siklus positif di mana kalian termotivasi untuk terus melakukan hal yang bermanfaat bagi hubungan.

Studi ini menunjukkan, rasa syukur berkontribusi pada hubungan yang lebih mendukung dan memuaskan dengan mendorong interaksi positif dan mengurangi perilaku negatif.

Kamu dan pasangan dapat membiasakan untuk saling mengakui dan menghargai hal-hal kecil yang dilakukan satu sama lain.

Ucapan terima kasih yang tulus bisa sangat bermanfaat. Kamu bisa memberikan catatan sebagai bentuk apresiasi terhadap pasangan, mengirimkan pesan yang bermakna, atau sekadar mengungkapkan rasa terima kasihmu melalui tindakan.

3. Mendukung Tujuan dan Impian Satu Sama Lain

Dukungan untuk mencapai tujuan dan impian satu sama lain menjadi faktor penting dalam berkembangnya sebuah hubungan.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology mengeksplorasi konsep kapitalisasi, yaitu proses merespons secara positif kabar baik atau pencapaian pasangan.

Penelitian menunjukkan, pasangan yang mempraktikkan kapitalisasi mengalami tingkat kepuasan hubungan, keintiman, dan kepercayaan yang lebih tinggi.

Mendukung ambisi pasangan dan merayakan keberhasilan pasanganmu akan memperkuat hubungan kalian. Hal ini menunjukkan bahwa kamu mengutamakan kepentingan mereka dan kamu berkomitmen terhadap kebahagiaan serta kepuasan kalian.

Studi ini mengungkapkan, saling mendukung membuat hubungan emosional menjadi lebih dalam dan rasa dihargai dalam hubungan itu.

Dengarkan pasanganmu saat dia menyampaikan aspirasinya, kemudian berikan dukungan dan respons yang membangun. Selain itu, rayakan pencapaiannya meski pencapaian yang kecil sekalipun.

4. Mempertahankan Lebih Banyak Saat Baik daripada Saat Buruk

Sebuah studi terkenal yang dilakukan oleh Dr. John Gottman, yang dikenal karena karyanya tentang stabilitas hubungan, menemukan bahwa 'rasio ajaib' untuk pasangan bahagia adalah memiliki lima interaksi positif untuk setiap interaksi negatif.

Hal ini bukan berarti kamu tak akan mengalami masa-masa sulit atau perpisahan, melainkan menunjukkan betapa pentingnya memiliki lebih banyak saat-saat baik daripada saat-saat buruk.

Ketika masa-masa sulit datang, kamu punya perasaan baik untuk membantumu melewatinya.

Penelitian Gottman menunjukkan bahwa keseimbangan ini membantu pasangan bertahan lebih lama dan merasa lebih puas dengan hubungan mereka.

Cobalah untuk menciptakan momen bahagia setiap harinya dengan mengirimkan pesan manis, membuat makanan favorit pasanganmu, atau sekadar mendengarkannya berbicara. Saat bertengkar, cobalah menyelesaikan masalah dengan baik dan segera berbaikan.

5. Beri Kasih Sayang Fisik seperti Pelukan dan Ciuman

Sebuah studi dari Kinsey Institute menemukan bahwa kasih sayang fisik seperti berpelukan hingga berciuman mempengaruhi kebahagiaan dalam hubungan.

Semakin banyak pasangan menunjukkan kasih sayang fisik, mereka cenderung lebih bahagia.

Saat kamu memeluk atau mencium pasangan, tubuhmu melepaskan hormon perasaan senang seperti oksitosin.

Studi menunjukkan kasih sayang fisik yang teratur merupakan bagian penting dalam membangun hubungan yang langgeng dan bahagia.

Usahakan untuk menunjukkan kasih sayang fisik setiap hari, bisa berupa ciuman selamat pagi, pelukan setelah pulang kerja, atau berpegangan tangan saat menonton film.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ingin #punya #hubungan #yang #bahagia #langgeng #mulailah #dengan #melakukan #setiap #hari

KOMENTAR