Ketahui 6 Jenis Suplemen Teratas untuk Kesehatan Anda Secara Keseluruhan, Simak dalam Daftar Berikut
Ilustrasi berbagai jenis suplemen untuk kesehatan secara keseluruhan./freepik/sweet_tomato
08:48
22 Maret 2024

Ketahui 6 Jenis Suplemen Teratas untuk Kesehatan Anda Secara Keseluruhan, Simak dalam Daftar Berikut

Dalam upaya menjaga kesehatan secara keseluruhan, banyak orang memilih untuk menggunakan suplemen tambahan sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

Meskipun makanan yang seimbang tetap menjadi pondasi yang penting, suplemen dapat memberikan dorongan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mungkin tidak terpenuhi melalui asupan makanan saja.

Namun, dengan berbagai pilihan suplemen yang tersedia di pasaran, masih banyak orang yang bingung tentang suplemen mana yang sebenarnya paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Dilansir dari Dr Axe pada Kamis (21/3), terdapat 6 jenis suplemen teratas yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan tentu dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

1. Vitamin C, E, dan A yang baik untuk kesehatan kulit

Saat Anda menua, kulit Anda bisa rusak akibat gaya hidup yang tidak sehat, paparan sinar matahari, makanan yang kurang sehat, dan lain-lain.

Tetapi, vitamin mana yang ampuh memberikan bermanfaat pada kulit Anda? Vitamin C, E, A, dan seng bisa membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan awet muda.

Vitamin C tidak hanya baik untuk melawan berbagai penyakit, tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan dengan melawan zat-zat jahat seperti radikal bebasbdan membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi.

Sedangkan vitamin E dan A dapat membantu penyembuhan kulit Anda saat kulit Anda rusak. Selain itu, kolagen juga sangat bagus untuk memperbaiki luka dan menjadikan kulit Anda tetap kencang, kuat, dan lembab.

2. Vitamin B untuk mendapatkan energi dan mengatasi stres

Vitamin B, termasuk vitamin B12 dan folat, sangat penting bagi tubuh untuk mengolah makanan menjadi energi, mendukung proses-proses di dalam sel, membantu pertumbuhan, hingga menghindari rasa lelah. Vitamin ini juga membantu meningkatkan fungsi otak Anda.

Orang yang mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan dan tidak mengonsumsi daging (vegetarian/vegan) lebih berpotensi kekurangan vitamin B, terutama vitamin B12, yang hanya ada dalam makanan hewani.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi suplemen. Meskipun Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B setiap hari (seperti daging sapi, ayam, dan telur), Anda mungkin masih mengalami masalah dalam penyerapan nutrisi dengan baik (seperti vitamin B12) akibat penggunaan obat-obatan atau kondisi kesehatan yang memengaruhi kesehatan usus Anda

3. Vitamin D dan Kalsium untuk kesehatan tulang dan manfaat lainnya

Kalsium, jika dikonsumsi bersama dengan nutrisi penting lain seperti vitamin D dan magnesium, dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, osteoporosis, diabetes, dan kanker.

Mengonsumsi suplemen kalsium memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga lebih baik berkonsultasi dengan dokter tentang risiko Anda dan mencoba memperoleh kalsium dari makanan terlebih dahulu jika memungkinkan.

Selain itu, vitamin D3 tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga diperlukan untuk fungsi otak, mencegah gangguan suasana hati, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan hormon.

Kebanyakan vitamin D diperoleh dari paparan kulit Anda terhadap sinar matahari. Namun, karena banyak individu yang lebih sering berada di dalam ruangan atau menggunakan tabir surya ketika berada di luar ruangan, kekurangan vitamin D menjadi hal yang kemungkinan besar akan terjadi pada individu.

Disarankan untuk menghabiskan waktu di luar ruangan selama 15–20 menit setiap hari tanpa menggunakan tabir surya jika memungkinkan.

Jika tidak, Anda dapat mengonsumsi 400–800 IU vitamin D per hari. Beberapa penelitian menyarankan dosis harian yang lebih tinggi (1000–4000 IU) yang lebih bermanfaat bagi orang dewasa yang kekurangan vitamin D, tetapi sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

4. Suplemen Asam Lemak Omega-3 untuk melawan leradangan

Jika Anda ingin menjaga kekebalan tubuh tetap kuat, sendi dalam kondisi baik, otak berfungsi optimal, dan jantung yang sehat, maka, suplemen terbaik yang bisa Anda konsumsi adalah asam lemak omega-3.

Asam lemak ini bisa membantu melawan peradangan, yang sering terkait dengan penyakit umum seperti penyakit jantung dan Alzheimer.

Cara terbaik untuk mengatasi peradangan dengan mendapatkan asupan yang cukup akan omega-3, dengan menhonsumsi ikan tangkapan liar beberapa kali seminggu atau mengonsumsi suplemen omega-3 sekitar 1.000 miligram setiap hari.

Vitamin lain seperti vitamin E, vitamin A, dan vitamin C bekerja bersama-sama untuk menjaga sel dan jaringan tetap kuat serta melindungi tubuh dari peradangan.

Sementara seng merupakan salah satu nutrisi penting yang membantu penyerapan nutrisi dan pengeluaran limbah atau racun dalam tubuh, yang pada akhirnya mampu untuk melawan peradangan dan kerusakan sel.

5. Suplemen Probiotik untuk mendukung kesehatan usus/pencernaan

Probiotik adalah sejenis bakteri yang ada di saluran pencernaan Anda dan membantu tubuh menyerap nutrisi serta melawan infeksi.

Beberapa jenis probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara yang lain menjaga kesehatan atau keseimbangan hormon.

Saat membeli suplemen probiotik, perhatikan jenis bakteri yang terdapat di dalamnya. Pastikan juga jumlah CFU (unit pembentukan koloni) yang tertera pada label.

Sebaiknya pilih suplemen probiotik yang memiliki setidaknya 50 miliar CFU dan beragam jenis bakteri, seperti Bacillus clausii, Bacillus subtilis, Lactobacillus plantarum, Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus acidophilus, dan Lactobacillus bulgaricus.

6. Antioksidan untuk kesehatan mata

Vitamin-vitamin dan antioksidan bermanfaat bagi mata dan bisa membantu melindungi bagian penting mata seperti makula, lensa, dan kornea.

Mereka juga bisa mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan peradangan yang bisa merusak jaringan di mata Anda.

Beberapa antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, lutein, dan zeaxanthin bisa membantu menjaga kesehatan mata dan penglihatan Anda saat bertambah usia.

Lutein dan zeaxanthin adalah jenis karotenoid yang ada di area makula pada retina mata. Penelitian menunjukkan bahwa mereka bisa membantu mengurangi risiko kerusakan akibat cahaya yang bisa menyebabkan degenerasi makula (AMD).

Seng dan tembaga, bersama dengan vitamin lainnya, juga bisa membantu melindungi retina dan mengurangi risiko degenerasi makula serta kehilangan penglihatan.

Vitamin A dan vitamin C juga turut berperan dalan membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di mata akibat faktor-faktor seperti pola makan buruk, cahaya biru dari layar komputer, dan paparan sinar matahari atau sinar UV.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ketahui #jenis #suplemen #teratas #untuk #kesehatan #anda #secara #keseluruhan #simak #dalam #daftar #berikut

KOMENTAR