Catat! Ini Amalan yang Tepat di 10 Malam Kedua Bulan Ramadhan, Penuh Ampunan Allah SWT
Ilustrasi berzikir. (Pexels)
16:39
21 Maret 2024

Catat! Ini Amalan yang Tepat di 10 Malam Kedua Bulan Ramadhan, Penuh Ampunan Allah SWT

Tanpa terasa, saat ini sudah memasuki 10 malam kedua di bulan Ramadhan. Terdapat satu keutamaan besar di 10 malam kedua bulan Ramadhan, yakni untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

“10 yang pertama rahmat, kasih sayang Allah. 10 yang kedua adalah ampunan Allah. 10 yang terakhir diselamatkan, dijauhkan dari api neraka,” jelas Ustaz Abdul Somad, dikutip dari kanal YouTube detikcom, Kamis (21/3/2024).

Tentu saja umat Muslim dianjurkan untuk tidak melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan ampunan seluas-luasnya dari Allah SWT.

Ustaz Abdul Somad (UAS). [Istimewa]Ustaz Abdul Somad (UAS). [Istimewa]

Lantas amalan apa yang kira-kira harus dilakukan untuk mendapatkan keutamaan di 10 malam kedua bulan Ramadhan ini?

Dalam ceramahnya, Ustaz Abdul Somad membocorkan beberapa amalan yang bisa dilakukan agar dosa kita dihapuskan oleh Allah SWT, yakni: 

1. Memperbanyak Doa

Ilustrasi berdoa. [Pexel]Ilustrasi berdoa. [Pexel]

Ustaz Abdul Somad meminta untuk memperbanyak doa untuk meminta ampun dan bertobat kepada Allah SWT, terutama di 10 malam kedua bulan Ramadhan.

“Orang yang pernah mabuk, pernah sakaw, pernah minum khamr, pernah berzina, pernah berjudi, pernah berzina, pernah nipu orang, itu salah. Tapi orang yang larut dalam kesalahannya, itu tidak benar,” tegas Ustaz Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad juga mengingatkan agar jangan menunda memohon pengampunan dan bertobat.

2. Memperbanyak Ikut Kajian

Ilustrasi Kajian - Contoh Ceramah Halal Bihalal Idul Fitri (Shutterstock)Ilustrasi Kajian. (Shutterstock)

Salah satu amalan termudah adalah mendengarkan kultum yang biasanya diselenggarakan setelah salat Isya berjemaah. “Habis salat Isya, jangan pulang ke rumah, dengarkan kultum kajian. Setelah itu ikut salat Tarawih. Setelah salat Tarawih salat Witir,” terang Ustaz Abdul Somad.

3. Memperbanyak Membaca Al Quran

Ilustrasi mengaji. (Pexels/Abdulmeilk Majed)Ilustrasi mengaji. (Pexels/Abdulmeilk Majed)

Ustaz Abdul Somad mendorong jemaah untuk membentuk kelompok-kelompok kecil untuk mengaji bersama setelah salat Tarawih dan salat Witir.

“Jangan pulang dulu ke rumah, duduk dulu sejenak, susun lingkaran 10 orang. Satu orang satu halaman, maka insya Allah bisa 20 halaman, dapat 1 juz, itu sudah menjadi bekal yang cukup menghadap Allah,” ungkap Ustaz Abdul Somad.

4. Memperbanyak Ibadah Malam

Ilustrasi sholat (Freepik)Ilustrasi sholat (Freepik)

Ustaz Abdul Somad menganjurkan untuk memanfaatkan kesunyian alam dengan memperbanyak ibadah. Beberapa amalan yang bisa dilakukan adalah salat Tahajud, berzikir, hingga berdoa. Baru setelahnya bisa dilanjutkan dengan makan sahur.

Namun, Ustaz Abdul Somad juga mengingatkan, jangan sampai semua ibadah yang dilakukan membuat kita menjadi sombong dan merasa pasti akan masuk surga.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #catat #amalan #yang #tepat #malam #kedua #bulan #ramadhan #penuh #ampunan #allah

KOMENTAR