Jessica Mila Lahirkan Anak Pertama, Yakup Hasibuan Lakukan Metode Kanguru: Apa Itu?
Jessica Mila dan Yakup Hasibuan bersama anak mereka. [Instagram/@yakuphasibuan]
13:26
21 Maret 2024

Jessica Mila Lahirkan Anak Pertama, Yakup Hasibuan Lakukan Metode Kanguru: Apa Itu?

Yakup Hasibuan langsung melakukan perawatan metode kanguru atau kangaroo mother care (KMC) pada Kyarra Arunika Hasibuan, buah hatinya dengan Jessica Mila yang baru saja lahir pada Kamis, 20 Maret 2024.

Metode ini terlihat dipraktikan Yakup melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, dilihat suara.com, Kamis (21/3/2024). Tampak anak pengacara Otto Hasibuan itu membiarkan dadanya terbuka, dengan pipi dan tubuh bayi menempel di badan Yakup yang tertutup selimut.

Bahkan praktik perawatan kanguru ini juga diperlihatkan Yakup dalam salah satu foto yang memperlihatkan sesaat setelah melahirkan Jessica Mila yang masih terbaring, Kyarra yang baru dilahirkan dibiarkan telungkup di atas dada perempuan berusia 31 tahun itu tanpa terhalang satupun kain.

"Jatuh cinta (lagi). Welcoming our lil MVP to the big league! Only by His grace," tulis Yakup dalam unggahannya.

Apa itu metode perawatan kanguru?

Situs resmi organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebutkan kangaroo mother care adalah salah satu metode perawatan bayi prematur. Metode ini dilakukan dengan cara bayi digendong dengan kontak kulit ke kulit atau skin to skin, dari bayi ke ibu maupun ayahnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan kehangatan tubuh ayah atau ibu merupakan sumber panas yang efektif untuk bayi baru lahir termasuk bayi berat lahir rendah (BBLR).

Metode ini mempermudah pemberian asi sehingga terjadi peningkatan durasi dan lama pemberian asi, menolong orangtua lebih percaya diri dan berperan aktif dalam merawat bayinya serta meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi.

Perawatan Metode Kanguru (PMK) diperkenalkan pertama kali oleh 2 orang ahli neonatologi yaitu Rey dan Martinez dari Bogota, Colombia, Amerika Selatan tahun 1979. Metode ini merupakan cara alternatif dan sederhana untuk perawatan BBLR di tengah keterbatasan fasilitas.

Cara kerja metode perawatan kanguru

Seperti namanya, metode ini meniru perilaku kanguru yang merupakan binatang berkantung dengan bayinya yang lahir sangat prematur. Setelah bayi kanguru lahir, bayi disimpan di kantung perut ibunya untuk mencegah kedinginan dan mendapatkan air susu induknya.

Berbagai penelitian menunjukan metode kanguru bermanfaat menurunkan jumlah neonatus yang meninggal, menurunnya angka kejadian hipotermia, bayi lebih stabil, mengurangi kejadian infeksi, pemberian asi lebih meningkat, menjalin ikatan atau bonding antara ibu dan bayi, serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jessica #mila #lahirkan #anak #pertama #yakup #hasibuan #lakukan #metode #kanguru

KOMENTAR