Simak dan Pahami 5 Tips Berenang Aman bagi Anak, Salah Satunya Orang Tua Wajib Hindari Cuaca Hujan Badai
Ilustrasi bereneng./Oleksandr P/Pexels.com
10:22
17 Maret 2024

Simak dan Pahami 5 Tips Berenang Aman bagi Anak, Salah Satunya Orang Tua Wajib Hindari Cuaca Hujan Badai

 

Berenang merupakan kegiatan relaksasi yang menyenangkan bagi semua kalangan usia, khususnya anak-anak.   Kendati demikian, aktivitas berenang anak perlu mendapatkan perhatian lebih dari orang tua.   Hal tersebut bertujuan agar kegiatan berenang anak tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.    Dilansir dari alodokter.com, Minggu (17/3), ada 5 tips yang perlu diperhatikan sebelum mengajak si kecil berenang. Simak penjelasan berikut ini.    1. Perhatikan kedalaman kolam renang sebelum menggunakannya   Orang tua atau pendamping anak harus memiliki pengetahuan tentang kedalaman kolam renang. Tujuannya, untuk memastikan mana kolam renang yang aman bagi anak-anak.   

  2. Pastikan mendampingi Si Kecil selama berenang   Fungsi pengawasan ketika anak sedang berenang sangat lah penting. Jika orang tua lalai sedikit saja Si Kecil dapat terjatuh hingga tenggelam.    3. Terapkan aturan di kolam renang   Poin ketiga ini tidak boleh diabaikan oleh orang tua maupun pendamping. Demi keselamatan anak, seharusnya menerapkan aturan seperti tidak boleh lari di sekitar kolam renang. Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan penjelasan terkait batasan area mana saja yang diperbolehkan anak bermain dan berenang.    4. Hindari berenang saat cuaca hujan atau badai   Co-Founder Amarta Aquatic Malang dan Amarta ENSS Fibriani Ratna Marita menjelaskan, jika cuaca hujan, badai hingga petir, semua orang harus meninggalkan kolam renang. Namun, apabila hanya gerimis apakah diperbolehkan tetap berenang?.    "Kalau gerimis saja tidak apa-apa. Akan tetapi, bila sebelum gerimis ada petir, lebih baik berhenti dulu. Karena, tidak sedikit orang yang tersambar petir saat berenang," ungkap atlet renang Indonesia yang pernah ikut Olimpiade Beijing 2008 ini.   

  5. Jangan berenang bila Si Kecil sakit   Jika anak memiliki gejala seperti demam, menggigil, nyeri sendi hingga keletihan, sebaiknya istirahat dan jangan berenang terlebih dahulu sampai keadaan membaik.    Selain 5 tips di atas, Kemenkes Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan juga membeberkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berenang terutama bagi anak usia dini.    Contohnya, umur bayi harus diperhatikan. Beberapa ahli menyarankan lebih baik menunggu usia bayi 3 bulan. Namun, memulai melatih bayi di air tepat setelah usianya 3 bulan adalah keputusan yang sangat arif dan aman bagi bayi.    Tak hanya itu, kebersihan dan suhu air pun harus tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, kulit bayi sangat sensitif dan mudah sekali tertular penyakit.    Tips lainnya yakni orang tua atau pendamping harus memperhatikan waktu berenang yang baik.    Seperti waktu yang lebih baik dilakukan adalah 3 kali dalam seminggu, daripada setiap hari tetapi dalam durasi sebentar. Dan, lamanya bayi berenang setiap sesi sekitar 10-20 menit. ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #pahami #tips #berenang #aman #bagi #anak #salah #satunya #orang #wajib #hindari #cuaca #hujan #badai

KOMENTAR