Laris Manis! Begini Kisah Pasangan ini Jualan Sembako di TikTok
Ilustrasi sembako dalam plastik. [Ist]
14:54
15 Maret 2024

Laris Manis! Begini Kisah Pasangan ini Jualan Sembako di TikTok

Kini nyaris semua barang bisa dijual melalui online, termasuk sembakako. hal ini seperti dilakukan oleh pasangan pengguna TikTok satu ini.

Akun TikTok @citra_hanisah sering menarik perhatian pengguna karena live streaming dari dalam warung dengan host yang berganti-ganti agar tetap menarik. Salah satu host adalah suami Citra Hanisah, yang bergabung dengan akun tersebut.

Awalnya, mereka hanya menggunakan TikTok untuk hiburan, namun kemudian Citra tertarik dengan fitur belanja TikTok setelah mengetahui tentang keranjang kuning. Sejak 2021, Citra dan suaminya rutin menggunakan fitur belanja TikTok, menjual produk langsung dari dalam warung di rumah mereka.

Laris Manis, Kisah Pasangan ini Berjualan Sembako di TikTok. (Dok. TikTok)Laris Manis, Kisah Pasangan ini Berjualan Sembako di TikTok. (Dok. TikTok)

Mereka bergantian dalam mengelola live streaming, membagi waktu dengan baik. Selain mendapatkan penghasilan, ini juga membuat keluarga mereka lebih dekat dan saling membantu dalam mengurus rumah tangga. Awalnya, Citra menjual aksesoris, namun kemudian beralih ke sembako dan produk kopi sachet.

"Biasanya saya bagi waktu sama suami. Semenjak bisa live setiap hari, jual produknya gantian. Misalnya kalau saya mau mandiin anak, mau masak, dia yang jadi hostnya. Kalau dia sedang antar anak sekolah atau belanja stok warung, saya yang nge-host," jelas Citra.

Dia juga menggunakan fitur belanja TikTok untuk membeli stok warung. Sebagai kreator afiliasi di TikTok, Citra merasa perekonomiannya semakin terbantu, dengan penghasilan tambahan dari TikTok. Kini, keluarga Citra memiliki dua sumber penghasilan, dari warung dan TikTok, yang membuat mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan lebih baik.

"Kami bersyukur karena pemerintah mendukung kolaborasi ini, sehingga saya dan suami bisa berjualan lagi. Kita orang kecil banyak yang merasa terbantu. Saya lihat teman-teman yang lain, yang jual fashion di kampung-kampung, kalau dihapus kan nanti mereka jadi nganggur lagi. Kalo dihapus nanti nggak dapet penghasilan lagi," tutup Citra.

Kehadiran kembali Shop | Tokopedia di TikTok membuat Citra bisa berjualan sembako lagi dan melakukan live streaming. Bagi Citra, berjualan di TikTok adalah salah satu cara untuk menyambung hidup keluarganya di masa depan.

Dia berharap fitur ini tetap ada, karena membantu banyak pedagang lokal seperti dirinya untuk meningkatkan perekonomian mereka. Citra bersyukur atas dukungan pemerintah terhadap kolaborasi ini, yang memungkinkan mereka berjualan lagi.

Dia khawatir jika fitur ini dihapus, banyak orang kecil seperti mereka yang akan kehilangan penghasilan. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #laris #manis #begini #kisah #pasangan #jualan #sembako #tiktok

KOMENTAR