6 Tips Tampil Lebih Berwibawa sebagai Seorang Perempuan, Terapkan Mulai Sekarang!
Simak tips agar terlihat lebih berwibawa bagi seorang perempuan (themediacoach.co.uk)
11:08
15 Maret 2024

6 Tips Tampil Lebih Berwibawa sebagai Seorang Perempuan, Terapkan Mulai Sekarang!

 

 Dibandingkan dengan laki-laki, kebanyakan para perempuan kesulitan untuk terlihat berwibawa dan percaya diri.

Terutamanya, saat mereka presentasi atau diwawancarai oleh wartawan, atau saat sedang berada di depan kamera.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut dan menjadi lebih berwibawa?

Dilansir dari themediacoach.co.uk, Jumat (15/3), berikut 6 tips agar terlihat lebih berwibawa bagi seorang perempuan.

  1. Persiapkan mental Anda

Mempersiapkan mental yang dimaksud disini adalah mengartikulasikan diri Anda sendiri tentang bagaimana Anda ingin tampil dan dilihat oleh orang lain. 

Ini memang terdengar seperti sebuah obsesi pada diri sendiri, tetapi ini benar-benar berhasil. Kenali versi diri Anda yang ingin Anda tunjukkan kepada audiens atau lawan bicara. 

Rasa percaya diri terkadang bukanlah sesuatu yang paling utama. Ada yang lebih dari itu, yakni gaya percakapan yang hangat dan penuh kesan baik hati, fleksibel, berpengetahuan luas, kontrol diri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan kata lain, beritahu alam bawah sadar Anda sejelas mungkin tentang bagaimana Anda ingin dilihat oleh orang lain.

Jika Anda tidak dapat menemukan versi diri Anda sendiri, carilah seorang panutan. Berlatihlah untuk melakukan hal yang ingin Anda pelajari dari panutan tersebut.

  1. Bahasa tubuh

Usahakan bahasa tubuh Anda dapat mengkomunikasikan citra diri Anda yang telah berhasil di identifikasi pada langkah pertama tadi.

Anda bisa mulai mempraktekkannya dengan menjaga tubuh Anda tetap tegak. Bahu ke belakang, dagu tetap sejajar (tidak terangkat ke atas atau ke bawah) dan sedikit rileks. 

Tarik napas, gerakkan bahu Anda ketika Anda mulai berbicara. Beberapa orang percaya dengan menjaga pose tubuh yang baik, dapat membuat otak seseorang merasa lebih teratur. 

Untuk melakukan ini, tidak ada biaya apa pun yang harus Anda bayar selain meluangkan beberapa menit waktu Anda untuk melatihnya pada setiap kesempatan.

  1. Beri Diri Anda Jeda

Orang yang berwibawa dan percaya diri melakukan berbagai hal berdasarkan keinginan mereka sendiri dan tidak terlalu dipengaruhi oleh orang lain. 

Anda bisa mengambil waktu sejenak untuk mengendalikan ruangan Anda dengan keheningan. Mulailah langkah kecil terlebih dahulu, ambil napas, jeda, kumpulkan pikiran Anda dan Anda akan terdengar lebih berwibawa.

  1. Memperlambat frekuensi berbicara

Banyak orang, khususnya perempuan, berbicara terlalu cepat. Hal tersebut terbentuk karena rasa tidak percaya diri, atau takut membuat orang lain bosan.

Alhasil, hal tersebut menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan. Idealnya, Anda harus berusaha untuk memvariasikan kecepatan Anda dalam berbicara.

Sehingga, langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam hal ini adalah, mengendalikan kecepatan berbicara Anda.

  1. Rendahkan Suara Anda

Margaret Thatcher terkenal memiliki teknik tersendiri untuk merendahkan suaranya. Anda bisa menilai sendiri dari video-videonya yang tersebar di akun media sosial. 

Merendahkan suara pada lawan bicara, dipercaya dapat meningkatkan kewibawaan seseorang. Lawan bicara juga akan lebih nyaman berbincang dengan tipe orang seperti ini dibanding orang yang cerewet dan bising.

  1. Bicaralah pada diri sendiri

Memiliki standar yang tinggi, kritis terhadap diri sendiri adalah satu hal yang baik namun jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, justru akan sangat merusak.

Bicara pada diri sendiri dan mengerti diri sendiri merupakan hal yang  penting di jaman sekarang.

Dengan mengintrospeksi kesalahan yang pernah Anda lakukan sebelumnya, Anda akan bisa mengenali diri Anda jauh lebih dalam lagi.

Pemahanan yang mendalam terhadap diri sendiri dipercaya mampu meningkatkan kewibawaan seseorang, khususnya perempuan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #tampil #lebih #berwibawa #sebagai #seorang #perempuan #terapkan #mulai #sekarang

KOMENTAR