Rugi Besar Rajin Tarawih Tapi Tak Kerjakan Salat Sunah Ini, Buya Yahya: Pahalanya Lebih Besar!
Ilustrasi salat. (Freepik/odua)
18:39
14 Maret 2024

Rugi Besar Rajin Tarawih Tapi Tak Kerjakan Salat Sunah Ini, Buya Yahya: Pahalanya Lebih Besar!

Salah satu ibadah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan adalah salat Tarawih. Salat sunah yang ditunaikan dalam 8 atau 20 rakaat ini biasanya dikerjakan secara berjemaah selepas salat Isya.

Salat Tarawih hanya dilaksanakan di bulan Ramadhan, sehingga tidak heran bila semua umat Muslim berusaha untuk tidak melewatkannya satu kali pun.

Namun tahukah Anda jika ada satu salat sunah lain yang jauh lebih berpahala ketimbang salat Tarawih?

Umat Islam melaksanakan ibadah Salat Tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (11/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Umat Islam melaksanakan ibadah Salat Tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (11/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]


Hal inilah yang dijelaskan oleh Buya Yahya di kanal YouTube Al-Bahjah TV. Pembahasannya bermula dari pertanyaan seorang jemaah Buya Yahya, yakni bagaimana hukumnya bila tidak melaksanakan salat sunah ba’diyah Isya lantaran imam yang bersangkutan langsung menyelenggarakan salat Tarawih?

“Di tempat saya setelah salat Isya langsung salat Tarawih dan tidak ada jeda untuk salat sunah ba’diyah Isya. Apakah saya boleh salat ba’diyah Isya setelah salat Tarawih?” tanya jemaah tersebut, dikutip pada Kamis (14/3/2024).

Buya Yahya menegaskan bahwa salat sunah ba’diyah Isya dikerjakan setelah salat Isya, atau dengan kata lain waktunya panjang termasuk setelah menyelesaikan salat Tarawih.

“Salat ba’diyah Isya itu waktunya terbentang hingga masuk waktu Subuh. Akan tetapi ada poin penting yang perlu kami hadirkan, ‘Hai hamba Allah, salat ba’diyah Isya itu pahalanya lebih gede daripada salat Tarawih’,” tutur Buya Yahya.

Ya, salat sunah ba’diyah Isya lah yang lebih berpahala sehingga akan merugi jika Anda rajin mengerjakan salat Tarawih tetapi malah melewatkan salah satu salat sunah rawatib tersebut.

“Anda meninggalkan Ba’diyah Isya lalu dia melakukan salat Tarawih, lebih bagus ba’diyah Isya-nya daripada Tarawih. Ba’diyah Isya termasuk rawatib, tidak bisa dikalahkan dengan Tarawih, sebab Tarawih itu martabatnya di bawah ba’diyah Isya,” terang Buya Yahya.

“Kalau orang alim mengerti, saya akan dahulukan ba’diyah Isya. (Jadi) Anda ikut Tarawih bersama mereka, dan setelah selesai Tarawih, Anda masih bisa melakukan salat ba’diyah Isya, dan memang ba’diyah Isya pahalanya lebih gede daripada Tarawih,” tandasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #rugi #besar #rajin #tarawih #tapi #kerjakan #salat #sunah #buya #yahya #pahalanya #lebih #besar

KOMENTAR