Minyak Kelapa Versus Susu Kelapa: Mana yang Lebih Baik Untuk Kesehatan Rambut?
ilustrasi kelapa utuh dan minyak kelapa. Sumber foto: Freepik
12:02
13 Januari 2024

Minyak Kelapa Versus Susu Kelapa: Mana yang Lebih Baik Untuk Kesehatan Rambut?

- Dalam hal minyak rambut, minyak kelapa atau coconut oil jelas menjadi pemenangnya. Banyak wanita terutama yang memiliki rambut kering kerap menggunakannya.

Namun, minyak kelapa bukan satu-satunya bahan alami yang bisa membuat rambut lembut dan kuat bahkan susu kelapa pun bisa memberikan keajaiban.

Hal ini lantaran susu kelapa memiliki banyak nutrisi yang dapat bantu menambah nutrisi dan menghidrasi rambut.

Perlu diketahui, susu kelapa atau coconut milk berbeda dengan santan, dimana santan itu disebut coconut cream dan bertekstur agak kental dibanding susu kelapa yang lebih cair.

Adapun minyak nabati yang diperoleh dari ampas kelapa disebut minyak kelapa. Ia berubah menjadi padat pada suhu dingin dan menjadi cair jika dipanaskan, seperti dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Jumat (12/1).

Meskipun minyak kelapa olahan menggunakan daging kelapa kering yang sering dikenal sebagai kopra, minyak kelapa murni menggunakan daging segar, kata ahli kecantikan Blossom Kochhar.

Sedangkan susu kelapa dibuat dengan merebus daging kelapa dalam air yang sangat panas dan menyaringnya, sementara minyak kelapa dibuat dengan cara memeras daging untuk diambil lemaknya.

Oleh karena itu, susu kelapa maupun minyak kelapa sama-sama memiliki manfaat untuk rambut, antara lain:

1. Asam laurat

Asam lemak rantai menengah ini menembus batang rambut secara mendalam. Ini memberikan kelembaban intens pada rambut dan mencegah kekeringan.

2. Vitamin E

Vitamin E pada kelapa berperan sebagai antioksidan. Ini melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, kata sang ahli.

Susu kelapa juga mengandung protein yang dibutuhkan rambut karena rambut sebagian besar terdiri dari keratin bantu memperkuat helai rambut dan mencegah kerusakan.

Baik minyak kelapa maupun susu kelapa menawarkan manfaat untuk rambut, namun keduanya memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Untuk susu kelapa bisa digunakan untuk mengatasi ketombe, mengembalikan kilau pada rambut kering dan rusak, mengontrol rambut kusut, melindungi rambut dari kerusakan.

Adapun cara mengaplikasikan susu kelapa sebagai masker rambut, kondisioner, dan masker tanpa bilas.

Bisa digunakan lebih sering, bahkan setiap hari untuk rambut kering karena lebih ringan dibandingkan minyak kelapa.

Di sisi lain, minyak kelapa memiliki segudang manfaat lainnya seperti melembabkan, memberi nutrisi dan memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, menambahkan kilau, dan menenangkan iritasi kulit kepala.

Cara pengaplikasiannya ialah oleskan pada bagian tengah dan ujung rambut sebelum dicuci atau dapat menggunakannya sebagai kondisioner tanpa bilas.

Disarankan pakai sekali atau dua kali seminggu untuk semua jenis rambut terutama rambut kering, diwarnai, atau keriting, ungkap Kochhar.

Nantinya pemakaian susu kelapa atau minyak kelapa memerlukan waktu selama 30 menit.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #minyak #kelapa #versus #susu #kelapa #mana #yang #lebih #baik #untuk #kesehatan #rambut

KOMENTAR