10 Ide Makanan Buka Puasa agar Tubuh Segar dan Sehat, Harganya Murah
Ilustrasi kolak pisang dan ubi (Envato Elements)
15:26
11 Maret 2024

10 Ide Makanan Buka Puasa agar Tubuh Segar dan Sehat, Harganya Murah

Bulan Ramadan sudah di depan mata. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama berpuasa, tentu saja asupan makanan perlu diperhatikan. Jika Anda masih bingung ide makanan berbuka puasa agar tubuh tetap segar dan sehat, maka tulisan ini akan memberikan rekomendasinya. Tenang saja, makanan sehat ini gampang ditemukan di sekitar tempat tinggal, bahkan dibuat sendiri di rumah. Berikut adalah sepuluh rekomendasi makanan sehat untuk berbuka puasa yang cocok disantap satu keluarga. 

1. Rendang

Rendang mahsyur dikenal sebagai hidangan paling enak di dunia. Tentu saja, panganan khas Minangkabau ini cocok dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Rendang adalah hidangan daging yang kaya rasa dan gurih. Masak potongan daging sapi dengan bumbu rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, jahe, bawang merah, bawang putih, dan santan hingga empuk dan berkuah kental.

2. Sop Ayam

Jika Anda tak terlalu menyukai aroma daging sapi, alternatif pangan sehat selanjutnya untuk berbuka puasa adalah sop ayam. Hidangan ini cocok untuk berbuka puasa karena lembut dan menyehatkan. Rebus potongan daging ayam dengan tambahan sayuran seperti wortel, kentang, daun bawang, dan seledri. Beri tambahan bumbu seperti lada hitam dan pala untuk rasa yang kaya.

3. Nasi Goreng

Hidangan ini tentu saja favorit seluruh anggota keluarga. Apalagi topingnya bisa digonta-ganti sesuai selera. Bisa menggunakan ayam, sosis, telur, bahkan sayur. Nasi goreng biasanya dimasak dari nasi yang sudah dingin sehingga menghindarkan dari makanan yang mubazir. Resep ini cukup dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis.

4. Ayam Goreng Tepung

Tak perlu pergi ke KFC untuk menikmati ayam goreng tepung yang lezat. Ayam goreng tepung adalah hidangan yang populer dan resepnya mudah dipraktikkan. Potong-potong daging ayam, lumuri dengan bumbu tepung, dan goreng hingga kecokelatan. Sajikan dengan nasi dan sambal.

5. Mie Goreng

Jika Anda baru saja pulang kantor dan hanya memiliki waktu yang sempit untuk menyiapkan menu berbuka, maka menu mie goreng adalah jawabannya. Mie goreng adalah pilihan cepat dan mudah untuk menu berbuka. Rebus mie, tumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, sayuran seperti wortel dan kubis, serta tambahan daging atau seafood.

6. Sate Ayam

Makanan paling lezat di dunia yang juga khas Indonesia dan cocok dijadikan menu berbuka adalah sate ayam. Untuk yang satu ini, Anda tak perlu repot – repot memasaknya. Cukup beli saja, karena pedagang sate ayam yang enak gampang ditemukan mulai dari kelas kaki lima hingga bintang lima.

7. Telur Balado

Olahan telur adalah juaranya makanan sehat. Banyak orang juga menggemari telur bumbu balado. Tentu saja olahan ini menjadi yang paling cocok disantap ketika berbuka puasa. 

8. Es Buah

Menu sehat yang tak boleh ketinggalan di meja makan ketika puasa adalah es buah. Campuran buah – buahan segar seperti semangka, melon, nanas, dan kelapa muda yang disajikan dalam sirup dan es serut benar – benar menggugah selera. Es buah merupakan sumber antioksidan alami dan elektrolit yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh setelah berpuasa. Namun, tetap kontrol kadar gula ketika membuat minuman ini. 

9. Bubur Sumsum

Menu khas Ramadan lainnya adalah bubur sumsum. Bubur sumsum adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang dimasak menjadi bubur dengan santan. Bubur ini biasanya disajikan dengan tambahan gula merah dan taburan kelapa parut. Kaya akan karbohidrat dan lemak sehat dari santan, bubur sumsum merupakan pilihan yang baik untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

10. Kolak Pisang

Satu lagi menu takjil yang tak pernah ketinggalan adalah kolak pisang. Dengan pisang yang matang, manis, dan ranum kelezatan kolak pisang sebagai menu pembuka buka puasa tak terkalahkan. Rasa gurih yang berasal dari santan dan pandan di kuahnya menambah kelezatan hidangan ini. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #makanan #buka #puasa #agar #tubuh #segar #sehat #harganya #murah

KOMENTAR