Apa Arti Rahajeng Rahina Nyepi? Ini Contoh Ucapan Hari Raya Umat Hindu
Ilustrasi nyepi, Arti Rahajeng Rahina Nyepi (Peter Biela/Pixabay)
06:37
11 Maret 2024

Apa Arti Rahajeng Rahina Nyepi? Ini Contoh Ucapan Hari Raya Umat Hindu

Rahajeng Rahina Nyepi merupakan salah satu kalimat yang paling sering digunakan untuk mengucapkan hari raya nyepi, tapi tahukah Anda apa artinya?

Umat Hindu di Indonesia, khususnya Bali akan merayakan Hari Raya Nyepi tahun ini pada hari Senin, 11 Maret 2024. Nyepi merupakan peringatan untuk menyambut awal tahun saka. Kali ini, umat hindu akan menyambut Nyepi Saka 1946.

Untuk turut meramaikannya, Anda bisa mengirimkan ucapan Rahajeng Rahina Nyepi. Namun, pastikan Anda sudah tahu artinya.

Apa arti Rahajeng Rahina Nyepi?

Merujuk pada Kamus Bahasa Bali-Indonesia Kemdikbud, rahajeng diartikan selamat. Sementara itu, rahina berarti hari.

Dengan begitu, Rahajeng Rahina Nyepi bisa diartikan sebagai ucapan “Selamat Hari Nyepi”. Ini merupakan kalimat yang tepat saat Anda ingin ikut menyambut hari nyepi.

Nyepi sendiri memiliki arti sunyi. Inilah mengapa Anda akan melihat warga Bali menghentikan segala aktivitasnya di hari raya nyepi.

DInas Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Buleleng menyebutkan bahwa di hari Nyepi, umat Hindu tidak boleh beraktivitas, termasuk bepergian, membuat hiruk pikuk, bahkan makan dan minum. Hal ini dilakukan untuk menyucikan buana alit (manusia) serta buana agung (alam semesta) dari keserakahan dan sifat buruk lainnya.

Hari Nyepi jatuh satu hari setelah tileming kasanga atau 1 sasih Kedasa. Nyepi dirayakan satu kali pada setiap tahun Saka (Isakawarsa).

Bagi Anda yang merencanakan berlibur ke Bali, pastikan Anda mengikuti aturan yang berlaku. Dengan begitu, budaya dan kehormatan di sekitar akan tetap terjaga

Contoh ucapan rahajeng rahina Nyepi

Jika Anda ingin memberikan ucapan pada saudara atau kerabat yang menyambut Nyepi, berikut contoh ucapan yang bisa diberikan.

  • Rahajeng Rahina Nyepi Caka 1946 - Selamat Hari Raya Nyepi 1946.
  • Rahajeng Nyanggra Rahina Suci Nyepi Caka 1946. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan sareng sami - Selamat menyambut Hari Suci Nyepi 1946 Saka. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keselamatan dan kesejahteraan bagi kita semua.
  • Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami, dumogi molihang kerahayuan lan kerahajengan. - Selamat Hari Raya Nyepi untuk semuanya, semoga diberikan kelancaran dan keselamatan.
  • Rahajeng Nyanggra Warsa Anyar Caka 1946, jagate ddeg deg sami rahayu. - Selamat menyambut tahun baru saka 1946, semoga bumi selalu dalam keadaan baik.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #arti #rahajeng #rahina #nyepi #contoh #ucapan #hari #raya #umat #hindu

KOMENTAR