Antara Vitamin D3 dan D2, Mana yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya Dibawah Ini
Vitamin D3 dan D2 mana yang lebih baik? (Pexels)
15:54
10 Maret 2024

Antara Vitamin D3 dan D2, Mana yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya Dibawah Ini

Vitamin D atau juga disebut kalsiferol, merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan umumnya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh Anda ketika kulit Anda terpapar sinar matahari.

Selain dari paparan sinar matahari yang cukup vitamin ini bisa Anda dapatkan dari makanan atau suplemen vitamin atau obat yang diresepkan.

Tak banyak yang mengetahui bahwa vitamin D ini tersedia dalam dua bentuk utama, yakni vitamin D2 dan D3. Namun, keduanya berasal dari sumber yang berbeda.

Vitamin D2 berasal dari tumbuhan atau sumber nabati, sedangkan vitamin D3 berasal dari sumber hewani atau bisa juga dari paparan sinar matahari.

Meski begitu, kedua bentuk vitamin D tersebut sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.

Selain itu, kedua jenis vitamin D tersebut juga sama-sama dapat mengobati dan mencegah penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin D.

Keselarasan ini, terkadang membuat orang-orang kesulitan untuk membedakan keduanya, dan seringkali mempertanyakan manakah yang lebih baik diantara keduanya?

Dilansir dari wellrx.com, Minggu (10/3), saat menentukan mana yang lebih baik antara vitamin D2 dan D3, Anda harus pertimbangkan beberapa hal.

Berdasarkan penelitian, vitamin D3 mungkin lebih kuat dan efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam aliran darah Anda untuk waktu yang lebih lama daripada vitamin D2.

Vitamin D3 juga relatif lebih mudah ditemukan di apotek dan sering disarankan oleh dokter. Vitamin D2 ini juga dapat dengan mudah Anda dapatkan dari paparan sinar matahari UV.

Di sisi lain, jika Anda seorang vegetarian atau mempunyai alergi terhadap sumber hewani, maka vitamin D2 adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda daripada vitamin D3.

Selain itu, dokter Anda juga mungkin akan merekomendasikan vitamin D2 sebagai pilihan terbaik untuk Anda jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis.

Intinya, persoalan mana yang lebih baik antara vitamin D2 dan D3 adalah tergantung dari kondisi tubuh kita masing-masing.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #antara #vitamin #mana #yang #lebih #baik #simak #penjelasannya #dibawah

KOMENTAR