4 Manga Karya Akira Toriyama Paling Terkenal, Bukan Hanya Dragon Ball
Akira Toriyama (Antara)
15:35
8 Maret 2024

4 Manga Karya Akira Toriyama Paling Terkenal, Bukan Hanya Dragon Ball

Penulis manga atau komik khas Jepang, Akira Toriyama meninggal dunia meninggal dunia 1 Maret 2024 pekan lalu. Nama Toriyama menjadi mangaka yang diperhitungkan di Jepang berkat karyanya yang fenomenal, Dragon Ball. Daftar manga karya Akira Toriyama pun tak berhenti sampai di situ. Berikut adalah lima karya Toriyama yang paling fenomenal

1. Dr. Slump

Kesuksesan perdana Akira Toriyama di dunia manga diraih melalui Dr. Slump pada 1980. Manga tersebut mengisahkan gadis robot yang diciptakan sedemikian bagus sampai semua orang mengira dia adalah manusia sungguhan dengan kekuatan super. Dr.Slump ternyata menjadi eksperimen sempurna bagi Toriyama muda untuk mulai menjelajahi berbagai elemen yang belakangan menjadi kunci dalam menciptakan dunia Dragon Ball.

Dalam manga Dr.Slump, Toriyama menghadirkan hewan yang bisa berubah wujud, robot-robot, dan dunia futuristik yang kemudian memberikan sentuhan unik terhadap Dragon Ball. Manga pertama Toriyama, yang bergulir sampai 1984 dan belakangan diadaptasi untuk serial televisi, mendapat penilaian seperti ini dari Publisher's Weekly pada 2005. 

2. Dragon Ball

Dragon Ball pertama kali muncul pada majalah Shounen Weekly pada 1985. Manga itu menceritakan kisah Son Goku, seorang bocah pemilik ekor monyet yang bergabung dalam petualangan mencari bola-bola naga.

Manga itu terinspirasi dari banyak sumber, termasuk film komedi "Drunken Master" pada 1978. Film yang dibintangi Jackie Chan itu berkisah tentang seorang pemuda yang mempelajari ilmu bela diri "monyet mabuk" dari pamannya.

Toriyama juga menambahkan kekuatan raja monyet pada karakter utama manga ciptaannya, termasuk kemampuan berselancar di atas awan. Manga Dragon Ball kemudian diadaptasi menjadi serial televisi sebanyak 156 episode yang secara sukses meraih penonton di seluruh dunia berkat partisipasi studio Toei Animation. Sejauh ini ada sebanyak 24 film Dragon Ball dan hampir 50 gim video yang didasari oleh karakter-karakter ciptaan Akira Toriyama.

3. Go! Go! Ackman

Jika sebelumnya Dragon Ball menceritakan petualangan yang seru dengan segala tantangan, Go Go Ackman berkisah tentang iblis yang baru saja bangun dari tidur panjang selama 50 tahun. Manga ini diselimuti kisah humor yang bercerita tentang tingkah kocak Ackman.  Meski demikian, pusat cerita tetap pada petualangan Ackman yang menjual nyawa – nyawa dari orang yang dia bunuh. 

4. Kajika

Toriyama memang jagoan dalam membuat manga petualangan. Kali ini Kajika mengisahkan tentang seorang anak laki – laki bernama Kajika yang memiliki kekuatan spesial. Pertama kali dirilis pada 1998, Kajika terkena kutukan berubah menjadi manusia setengah rubah setelah membunuh seekor rubah di sebuah hutan. Petualangan dimulai ketika Kajika ingin membebaskan diri dari kutukan dengan menyelamatkan 1.000 nyawa. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #manga #karya #akira #toriyama #paling #terkenal #bukan #hanya #dragon #ball

KOMENTAR