Sambut Ramadhan 2024, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Cegah Gula Darah Naik
Dokter Zaidul Akbar. (YouTube)
14:15
8 Maret 2024

Sambut Ramadhan 2024, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Cegah Gula Darah Naik

Menyambut datangnya bulan suci Ramdhan 2024, penting untuk umat Islam terutama yang mengidap diabetes mengetahui bagaimana cara mencegah gula darah naik. Pasalnya, jika gula darah naik saat puasa Ramadhan, maka bisa mengakibatkan munculnya masalah kesehatan yang serius.

Lantas, bagaimana cara untuk mencegah gula darah naik selama puasa?

Ahli kesehatan sekaligus pakar obat herbal, dr Zaidul Akbar memiliki tips untuk mencegah lonjakan gula darah sehingga umat Islam terutama pengidap diabetes bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan lancar. Salah satunya dengan tidak mengonsumsi terlalu banyak nasi.

dr Zaidul Akbar menjelaskan jika nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang terbilang tinggi sehingga bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat drastis. Berikut adalah beberapa tips dari pakar obat herbal tersebut terkait dengan konsumsi makanan berkarbohidrat.

Ilustrasi nasi putih (Freepik/Jcomp)Ilustrasi nasi putih (Freepik/Jcomp)

Pertama, mengonsumsi sayur sebelum memakan makanan yang mengandung karbohidrat. Kedua, mengutamakan sayur dan protein sebelum mengonsumsi karbohidrat. Ketiga, mencampurkan biji-bijian ke dalam nasi putih. Keempat, mencampurkan minyak zaitun ekstra virgin ke nasi.

Kemudian menambahkan rempah seperti serai, bawang putih, bawang merah, jahe ke nasi. Kelima, berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit setelah makan. Terakhir, meminum campuran air dengan cuka apel, madu, atau nanas sebelum memakan nasi.

Selanjutnya, dr Zaidul Akbar juga turut menjelaskan beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul apabila gula darah naik. Mulai dari kencing manis, darah tinggi, autoimun, stroke, bahkan penyakit jantung.

"Bukan hanya kencing manis ya, darah tinggi, autoimun, stroke, jantung, biasanya enggak jauh-jauh dari masalah naiknya gula darah terus menerus, sehingga akhirnya tubuh letih dan mulailah konslet disana sini," terangnya dikutip dari unggahan Instagram-nya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #sambut #ramadhan #2024 #zaidul #akbar #bagikan #cara #cegah #gula #darah #naik

KOMENTAR