Bobby Nasution Keturunan Apa? Mantu Jokowi Diberi Gelar Tokoh Nasional Ternyata Berdarah Bangsawan
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memimpin Upacara Hari Guru Nasional Tingkat Kota Medan Tahun 2023 di Stadion Teladan Medan, Sabtu 25 November 2023. [dok Pemkot Medan] - Bobby Nasution Keturunan Apa? Mantu Jokowi Diberi Gelar Tokoh Nasional Ternyata Berdarah Bangsawan
12:59
7 Maret 2024

Bobby Nasution Keturunan Apa? Mantu Jokowi Diberi Gelar Tokoh Nasional Ternyata Berdarah Bangsawan

Bobby Nasution dinobatkan sebagai tokoh nasional di Sumatera Utara. Hal ini menuai komentar pro dan kontra. Banyak yang ingin tahu juga, Bobby Nasution keturunan apa?

Menantu Presiden Joko Widodo, bernama lengkap Bobby Afif Nasution yang juga merupakan wali kota Medan itu mendapatkan pengukuhan sebagai tokoh nasional. Pengukuhan tersebut mendapatkan komentar dari Said Didu, Mantan Sekretaris BUMN. Said Didu mengaku baru kali ini mendengar penganugerahan tokoh nasional. Kemudian ia menyindir, ga sekalian tokoh dunia akhirat? 

Komentar Said Didu tersebut dipublikasikannya di akun X @msaid_didu. Bersamaan dengan komentarnya, Said Didu menyertakan tangkapan layar pemberitaan berjudul Sah, Menantu Jokowi Bobby Nasution Resmi Dikukuhkan sebagai Tokoh Nasional. 

Tanggapan Said Didu mendapatkan beberapa dukungan dari netizen. Beberapa di antara mereka juga mempertanyakan pengukuhan tersebut, termasuk menyinggung Bobby Nasution keturunan apa. Banyak yang mencibir bahwa gelar tersebut diberikan hanya karena Bobby merupakan mantu Jokowi. 

Perlu diketahui bahwa pemberian gelar sebagai tokoh nasional yang diterima Bobby Nasution diberikan oleh raja-raja di kota Tabagsel bersama tokoh masyarakat dari wilayah setempat. Mereka adalah Harry Lotung, Gus Irawan Pasaribu, Dolly Pasaribu, Abdul Basith Dalimunthe, Siwan Siswanto, dan Rusydi Nasution.

Latar belakang Bobby Nasution

Menanggapi kebingungan masyarakat, Bobby Nasution keturunan apa, dikulik dari berbagai sumber menyatakan bahwa silsilah keluarga Bobby Nasution masih berakar pada darah bangsawan raja Tapanuli Selatan.

Fakta mengenai silsilah keluarga Bobby Nasution terungkap ketika ia menikahi Kahiyang Ayu, anak tengah Presiden Joko Widodo. Bobby merupakan generasi ketujuh dari keturunan Raja Gunung Baringin Nasution Mandailing Natal Penyabungan Timur. 

Selama persiapan pernikahan dengan Kahiyang Ayu, keluarga Bobby melaksanakan ritual potong kerbau dan menampilkan tarian Tor-tor hingga larut malam untuk meminta restu kepada leluhur keluarga. 

Ayah Bobby, yakni Erwin Nasiton beraktifitas di Takke Group, sebuah perusahaan properti terkemuka. Ayah Bobby juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV. 

Bobby bergabung dengan perusahaan properti Takke Group dan memiliki saham sekitar 10-20 persen. Bobby sendiri menduduki posisi sebagai direktur pemasaran. Bersama perusahaan tersebut, Bobby memulai langkah penting berkarir di dunia bisnis. 

Bobby terjun ke dunia politik setelah menikah dengan Kahiyang Ayu. Karir di pemerintahan dimulai dengan terpilih sebagai Wali Kota Medan, Sumatera Utara. Ia menjabat sejak tahun 2021. 

Demikian itu informasi yang memaparkan Bobby Nasution keturunan apa. Pengukuhan Bobby Nasution sebagai tokoh nasional diberikan karena Bobby dapat membangun Sumatera Utara dan diharapkan pembangunan di wilayah tersebut semakin maju.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bobby #nasution #keturunan #mantu #jokowi #diberi #gelar #tokoh #nasional #ternyata #berdarah #bangsawan

KOMENTAR