Ogah Beli Barang Branded, Ini 3 Kesederhanaan Siti Atikoh yang Beda dari Istri Pejabat Lain
OOTD Siti Atikoh dari Brand Lokal. (Instagram/@atikoh.s)
12:15
7 Maret 2024

Ogah Beli Barang Branded, Ini 3 Kesederhanaan Siti Atikoh yang Beda dari Istri Pejabat Lain

Gaya hidup Siti Atikoh Suprianti kerap menjadi sorotan karena dianggap tidak semewah para istri pejabat lain. Meskipun sang suami, Ganjar Pranowo pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah 2 periode, Atikoh tetap hidup dalam kesederhanaan.

Atikoh bahkan memilih tidak punya tas branded karena lebih suka produk karya UMKM. Simak beberapa kesederhanan Siti Atikoh, istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berikut ini.

1. Ogah Beli Barang Branded

Siti Atikoh (Ig/@atikoh.s)Siti Atikoh (Ig/@atikoh.s)

Beda dari istri pejabat lainnya, Siti Atikoh rupanya enggan memakai barang-barang branded. Alih-alih menenteng tas branded, Atikoh malah sering terlihat mengenakan tas goni dari UMKM. Ibu satu orang anak itu menyatakan bahwa dia memang tak memiliki barang mewah.  

Atikoh menekankan tas branded dengan harga selangit pada intinya mempunyai fungsi yang sama dengan tas lain dengan harga lebih rendah. Oleh karenanya, dia menganggap tidak ada keharusan untuk membeli tas mahal.

"Kalau saya lihat sesuatu itu, saya nggak flexing karena nggak punya, saya melihat sesuatu karena fungsinya, misalnya tas untuk membawa barang mau harganya berapa kan fungsinya sama," ujar Atikoh di kanal YouTube Akbar Faisal Uncencores.  

Atikoh juga mengatakan tak pernah masuk konter-konter barang branded. Latar belakang keluarga yang sederhana juga memengaruhi pilihan Atikoh tiap kali membeli barang.  

"Background saya keluarga sederhana, kalau misal saya kalkulasi dengan harga ratusan juta bisa sekolahkan anak sampai sarjana, atau bisa buat musala. Kalau saya pakai seperti itu, keluarga di kampung pingsan, tas kok harganya segitu, saya nggak melihat itu penting," tandasnya.

2. Sumbangkan Gaji Saat Jadi PNS

Siti Atikoh bersama Ganjar Pranowo dan anak mereka, Muhammad Zinedine Alam Ganjar alias Alam Ganjar (Instagram)Siti Atikoh bersama Ganjar Pranowo dan anak mereka, Muhammad Zinedine Alam Ganjar alias Alam Ganjar (Instagram)

Siti Atikoh memiliki karier mentereng sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sebelum memutuskan untuk pensiun dini. Dia bahkan sempat menjabat sebagai ASN Golongan IV di Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jabatan ini diembannya ketika Ganjar masih menjadi anggota DPR RI. 

Tak main-main, Atikoh disebut bisa menerima gaji pokok dan tunjangan senilai total Rp17 juta setiap bulan dari pekerjaannya. Atikoh lalu berpindah tugas ke Jawa Tengah karena mengikuti Ganjar menjabat sebagai Gubernur. 

Atikoh lalu bertugas sebagai ASN Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Jateng. Dia juga diketahui sudah memutuskan pensiun dini sebagai ASN sejak Desember 2022 alias saat berusia 50 tahun. Disebutkan Atikoh sendiri yang mengajukan pensiun dini. 

Pensiun dini memang bisa diambil bila ASN tersebut memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan. Selama aktif dinas, posisi terakhir Atikoh yakni sebagai staf di bidang pemberdayaan masyarakat. 

Namun ternyata Atikoh memilih untuk tidak menerima gajinya sebagai ASN Pemprov Jateng. Menurut pengakuannya, gaji itu justru disumbangkan ke PAUD atau berbagai lembaga sosial. 

3. Ogah Dibelikan Perhiasan

Potret Siti Atikoh Istri Ganjar Pranowo (Instagram)Potret Siti Atikoh Istri Ganjar Pranowo (Instagram)

Atikoh juga tidak mau bila dibelikan perhiasan. Padahal Atikoh mempunyai pekerjaan dengan gaji tinggi sebelum memutuskan pensiun dini pada tahun 2022 lalu.

Tak hanya itu, Ganjar diketahui memiliki harta kekayaan yang tidak sedikit yakni sebesar Rp15,43 miliar per 18 Oktober 2023. Sehingga tampaknya membeli perhiasan untuk Atikoh bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan oleh Ganjar. 

Meski begitu, Atikoh rupanya tidak mau jika dibelikan perhiasan oleh sang suami. Hal ini pernah diceritakan Ganjar di salah satu konten YouTube Short-nya. Ganjar awalnya mengungkap tentang hobi Atikoh yakni berolahraga, termasuk rutin lari pagi.

"Saya biarkanlah istri saya itu, 'Udah kamu lari aja, daripada kumpul-kumpul banyak orang nanti membicarakan tetangga'," kata Ganjar.

Kemudian Ganjar mengungkap Atikoh lebih memilih dibelikan sepatu olahraga untuk mendukung aktivitasnya itu ketimbang dibelikan perhiasan. "Saya nggak pernah beliin perhiasan atau apa, nggak mau dia. Tapi kalau dibeliin sepatu lari, mau dia," ucapnya.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #ogah #beli #barang #branded #kesederhanaan #siti #atikoh #yang #beda #dari #istri #pejabat #lain

KOMENTAR