Profil Mangkunegara X: Raja Muda yang Diusulkan Gantikan Gibran Pimpin Solo
KGPAA Mangkunegara X. (Suara.com/Ari Welianto)
17:21
5 Maret 2024

Profil Mangkunegara X: Raja Muda yang Diusulkan Gantikan Gibran Pimpin Solo

Nama sosok raja muda dari Solo, Mangkunegara X turut diusulkan sebagai pengganti Gibran Rakabuming Raka yang sebentar lagi undur diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta.

Sebagai politisi muda, Mangkunegara X tentu tak heran jika dijagokan untuk meneruskan estafet pemerintahan dari Gibran yang kini tengah memperebutkan kursi Wakil Presiden RI dan tengah menanti pengumuman resmi Pilpres 2024.

Adapun Plt DPD PSI Solo, Sonny saat ditemui, Senin (4/2/2024) menyatakan dukungan penuhnya kepada Mangkunegara X jika ia hendak maju mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta pengganti Gibran.

Sonny menilai bahwa Mangkunegara X punya kapabilitas dan jiwa muda yang cocok untuk meneruskan perjuangan Gibran memajukan Kota Solo.

Lantas, seperti apa profli sosok raja muda ini?

Profil Mangkunegara X: Raja muda yang peduli akan budaya

Mangkunegara X lahir dengan nama Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Ia dikenal oleh masyarakat Solo sebagai Adipati Mangkunegaran.

Adapun di tengah masyarakat Solo, Mangkunegara X akrab disapa dengan panggilan 'Mas Bhre' dan versi formalnya yakni 'Gusti Bhre.'

Ia merupakan putra Mangkunegara IX, yakni Adipati Mangkunegaran yang sebelumnya dan ibunya adalah Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Mangkunegara X naik takhta di usianya yang relatif muda. Ia merupakan kelahiran 29 Maret 1997 di , sehingga kini ia masih berusia 26 tahun. Setelah Mangkunegara IX wafat pada 13 Agustus 2021, suksesi kerajaan diteruskan kepada putranya dari Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Uniknya, Mangkunegara X merupakan putra tiri dari sosok Sukmawati Soekarnoputri yang sebelumnya merupakan istri pertama Mangkunegara IX.

Kala menjabat sebagai Adipati Mangkunegaran, Mangkunegara X banyak menaruh perhatian ke dunia kebudayaan. Ia juga sempat aktif terlibat dalam perhelatan Mangkunegaran Jazz Festival 2019.

Pendidikan Mangkunegara X: Tekuni dunia hukum dan jadi mahasiswa berprestasi

Sebagai putra mahkota, Mangkunegara X diberikan pendidikan terbaik oleh sang ayah.

Mangkunegara X berkesempatan untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yakni Universitas Indonesia, tepatnya di Fakultas Hukum. Ia memperoleh gelar Sarjana Hukum pada 2019 usai menamatkan S1. 

Meski bergelar bangsawan, Mangkunegara X tetap aktif berkarya bersama teman-temannya di kampus.

Ia merupakan mahasiswa yang aktif berorganisasi dan sempat menjadi Juara 2 Lomba Debat Konstitusi Nasional (LDK-Nas) di Universitas Gadjah Mada tahun 2019

Mangkunegara X juga sempat menyabet Juara 3 Lomba Debat Hukum Internasional di Universitas Indonesia tahun 2019.

Tercatat, Mangkunegara X sempat mewakili Tanah Air dalam Program Pertukaran Mahasiswa ke Jepang pada tahun 2018.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #mangkunegara #raja #muda #yang #diusulkan #gantikan #gibran #pimpin #solo

KOMENTAR