3 Amalan dan Doa Akhir Bulan Sya'ban
Ilustrasi berdoa (Freepik/rembolle)
17:18
5 Maret 2024

3 Amalan dan Doa Akhir Bulan Sya'ban

Memasuki tanggal-tanggal akhir bulan Syaban, umat Muslim dianjurkan membaca doa dan melakukan amalan-amalan baik. Nah berikut ini 3 amalan dan doa akhir bulan Sya'ban yang bisa diamalkan.

Bulan Syaban merupakan bulan ketujuh dalam penanggalan kalender Hijriah sekaligus penanda umat Islam akan memasuki bulan Ramadan. Sebelum berakhirnya bulan Syaban, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan baik.

1. Perbanyak sholat sunnah, baca Al Quran, dan Sedekah

Pada bulan Syaban, umat Islam dianjurkan untuk menunakan ibadah sholat sunnah dan baca Alquran. Anjuran melaksanakan sholat sunnah. Selain itu, dianjurkan juga untuk perbanyakan mengeluarkan sedekah.

2. Bersholawat

Bulan Syaban disebut juga sebagai bulannya Rasulullah. Itulah mengapa pada bulan tersebut umat Islam  dianjurkan untuk banyak-banyak membaca sholawat. Adapun bacaan sholawat yang bisa diamalkan yakni sebagai berikut:

اللهُمّٓ صَلِّ وسلِّم على سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ حَبيبِ الرَّحْمَنْ، عَدَدَ ما يَكونْ وما قَدْ كَانْ

Allahuma sholli wasallim alaa sayyidina Muhammadin habibirrohman adaa da maa yakunu wamaa qadkan

Artinya: "Ya Allah, berkahi dan anugerahkan selawat kami pada Muhammad SAW, junjungan kami Yang Dicintai Yang Maha Pemurah, sekarang dan yang akan datang."

3. Perbanyak Istighfar

Pada bulan Syaban ini, umat Islam juga dianjurkan untuk banyak-banyak beristighfar dan berdizikir. Adapun bacaan istighfar yang bsa diamalkan yakni sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ وَاتُوْبُ إِلَيْهِ/ اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal ‘adziimal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyumu al-rohmaanur rohiimu wa atuubu ilaihi/Astaghfirullaahal ‘adziimal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: Saya memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, yang Pengasih lagi Maha Penyayang, dan saya bertaubat kepada-Nya/Saya memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya.

Doa Akhir bulan Syaban

Menjelang akhir bulan Syaban, ada doa yang bisa dipanjatkan sebelum memasuki awal bulan Ramadhan. Adapun bacaanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya'bana wa ballighna Ramadhana

Artinya, "Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya'ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan."

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M Nurhadi

Tag:  #amalan #akhir #bulan #syaban

KOMENTAR