Sederet Bisnis Kuliner Chef Arnold, Dirujak Usai Sebut Harga Ayam Sekilo Rp20 Ribu
Arnold Poernomo alias Chef Arnold [Instagram]
11:06
3 Maret 2024

Sederet Bisnis Kuliner Chef Arnold, Dirujak Usai Sebut Harga Ayam Sekilo Rp20 Ribu

Arnold Poernomo atau lebih dikenal Chef Arnold sempat trending di X belum lama ini karena menjabarkan harga bahan-bahan makanan untuk skema makan siang gratis Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Hal itu karena namun rinciannyalantaran dianggap tak mencerminkan harga bahan baku terbaru di pasaran. 

Beberapa yang disorot adalah ketika Arnold menulis harga telur per kilogram Rp 17 ribu dan ayam sekilo Rp 20 ribu. Gara-gara itu, Arnold dikritik habis-habisan, bahkan usaha kuliner juga ikut disindir warganet.

"Wa beli mangkokku nasi telor sma tahu lu hargain 34ribu modalnya 6rb," kata salah satu netizen. Lantas apa saja bisnis kuliner Chef Arnold? Simak penjelasan berikut ini

Bisnis Kuliner Chef Arnold

Chef Arnold di gala dinner KTT ASEAN (Instagram/@arnoldpo)Chef Arnold di gala dinner KTT ASEAN (Instagram/@arnoldpo)

1. Mangkokku 

Mangkokku didirikan oleh Arnold bersama pengusaha kuliner Randy Kartadinata. Bukan hanya dua orang itu, Mangkokku juga didirikan oleh dua anak Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Mangkokku merupakan restoran yang menghidangkan rice bowl sebagai signature dish-nya. 

2. Restoran Laci, Bali

Arnold juga membuka restoran di Canggu, Bali bernama 'Laci Bali' pada tahun 2020 lalu. Laci Bali menawarkan sajian masakan modern dengan pengaruh Pan-Asia (Pan-Asian influences). Hal ini merujuk pada pengaruh atau unsur-unsur masakan dari berbagai negara di kawasan Asia, seperti Indonesia, Jepang, Korea, Tiongkok, Thailand, dan lain-lain. 

3. KOI Dessert Bar and Dining, Australia  

Arnold bersama sang adik, Reynold Poernomo, merintis restoran KOI Dessert Bar and Dinning di Sydney, Australia. Restoran ini memiliki gaya modern dan menyajikan pastry dan dessert premium serta menawarkan pengalaman dining kitchen. Kesuksesan restoran ini bahkan membuat nama Arnold tercatat di majalah Forbes Asia. 

4. Monkey’s Corner, Australia 

Arnold bersama saudaranya juga mendirikan restoran dan bar lainnya bernama Monkey's Corner di Sidney, Australia. Tempat itu menawarkan kreasi cocktail yang kreatif dan hidangan modern dengan sentuhan khas Jepang, yang berada di di Kensington St Chippendale.

5. Bebini Gelati, Surabaya 

Arnold juga mempunyai usaha kuliner berupa kedai gelato di Surabaya pada tahun 2016 bersama sang istri, Tiffany Soetanto. Kedai bernama Bebini Gelati ini menjual gelato yakni es krim lezat dan lembut khas Italia. Kedai gelato Bebini Gelati ini mempunyai banyak varian rasa unik seperti beragam rasa buah-buahan segar hingga klepon.

6. Nomz Kitchen & Pastry, Jakarta 

Chef Arnold pernah membuka restoran bernama Nomz Kitchen & Pastry bersama seorang rekannya. Restoran ini terletak di Mall Grand Indonesia, Jakarta dan menyajikan berbagai jenis dessert dan makanan kontemporer. Namun berdasarkan penuturan Arnold di Youtube Hermanto Tanoko, restoran ini telah tutup. 

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sederet #bisnis #kuliner #chef #arnold #dirujak #usai #sebut #harga #ayam #sekilo #rp20 #ribu

KOMENTAR