Ternyata Banyak Dilakukan, 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Orang Cepat Tua!
Ilustrasi orang tua (Pexels)
08:40
28 Oktober 2024

Ternyata Banyak Dilakukan, 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Orang Cepat Tua!

 

Hampir semua orang di dunia ini ingin hidup panjang umur. Begitupun dengan penampilan dan kesehatan tubuh, orang tentu menginginkan untuk selalu awet muda dan tidak cepat tua.

Hal ini tentu dikarenakan semakin bertambahnya usia, ada batasan-batasan yang muncul dan menjadi penghambat bagi seseorang melakukan sesuatu. Oleh karenanya, baik secara penampilan atau kesehatan tubuh seseorang melakukan segala cara.

Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, berolahraga dan melakukan perawatan sehingga kulit dan tubuh tetap terlihat muda. Namun, ternyata ada juga kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan membuat orang cepat tua.

Kamu mungkin tanpa sadar melakukan beberapa hal tersebut. Memiliki efek samping yakni membuat semakin cepat tua, hal tersebut sebaiknya tidak kamu lakukan lagi begitu membaca artikel ini.

Kamu mungkin bertanya-tanya kebiasaan apa dalam keseharian yang membuat orang bisa cepat tua. Dilansir dari Nutri Sense dan Ema Colorado, berikut ini 7 kebiasaan sehari-hari yang membuat orang cepat tua:

1. Makan Sembarangan

Kebiasaan pertama yang bisa membuat seseorang cepat tua adalah makan secara sembarangan. Sadar atau tidak sadar kebiasaan ini mungkin dilakukan banyak orang dalam keseharian nya. Makan makanan dengan sembarangan adalh termasuk makan makanan gorengan, makanan kemasan, makanan yang memicu peradangan, tinggi gula dan masih banyak lagi.

Hidup sehat untuk waktu yang lama tentu membutuhkan asupan yang baik dalam tubuh. Untuk itu, kamu bisa merubah kebiasaanmu dengan makan makanan tinggi protein, banyak lemak baik, penuh serat dan juga porsi karbohidrat yang sehat. Hal ini bisa mencegah badan dan penampilanmu cepat tua.

2. Kurangnya Olahraga

Kebiasaan kedua yang bisa berujung pada kondisi cepat tua adalah kurangnya olahraga dalam keseharian. Kesehatan dan juga olahraga merupakan suatu hal yang berjalan beriringan. Kurangnya olahraga bisa berujung pada lemahnya otot, tulang keropos dan fitur lain dalam tubuh menjadi lebih tua.

Ada juga kemungkinan penyakit yang bisa jadi menyerang karena ketidakpedulianmu pada aktivitas olahraga. Oleh karenanya, sudah seharusnya kamu mulai membangun kebiasaan berolahraga baik itu beberapa menit atau jam dalam sehari atau seminggu. Hal ini bisa membuat tubuh lebih sehat dan tidak cepat tua.

3. Terlalu Sibuk

Kebiasaan ketiga yang mungkin banyak dilakukan oleh orang adalah dengan menjadi pribadi yang terlalu sibuk. Sebagai orang dewasa, kamu mungkin menjalani hari dengan penuh kesibukan yang menyita waktu. Baik itu pekerjaan, masalah keluarga dan persoalan lain.

Kesibukan ini bisa menambah beban pikiran dan juga mengurangi waktu produktif. Kamu bisa mengabaikan kesehatan dan melakukan berbagai kebiasaan buruk. Terlalu sibuk juga bisa menyebabkan kurangnya istirahat dan gejala-gejala fisik lain berdatangan.

4. Banyak Beban Pikiran

Kebiasaan keempat yang bisa jadi hal yang membuatmu cepat tua adalah banyaknya beban pikiran yang kamu pikul. Kecemasan atau stres menumpuk bisa membuatmu cepat tua karena berpengaruh pada penampilan fisik.

Ada hormon tertentu bernama kortisol yang berasal dari stres dan berefek ke kesehatan fisik. Oleh karenanya, kami perlu melakukan pengelolaan atas stres dengan menghilangkannya atau melepaskannya secara sehat. Nantinya, kamu bisa mencegah dirimu tampak cepat tua ketimbang umurmu sebenarnya.

5. Tidak Beristirahat

Kebiasaan kelima yang mungkin saja banyak kamu lakukan adalah dengan tidak beristirahat atau tidur cukup. Sebagai manusia dengan keseharian penuh, istirahat atau tidur dalam jangka waktu cukup tentu mempengaruhi penampilan dan kesehatan fisik.

Ada juga akibat dari kurangnya tidur pada rona di wajah dan juga elastisitas kulit. Hal ini bisa berdampak pada bagaimana muka jadi terlihat cepat tua. Kamu bisa mulai menyusun jadwal tidur cukup untuk bisa jadi sosok yang awet muda di dalam maupun luar.

6. Merokok

Kebiasaan selanjutnya yang bisa membuatmu cepat tua adalah merokok. Mungkin tidak semua orang, namun bagi yang merokok mungkin mendapati tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam dan masih banyak lagi.

Ada juga risiko penyakit yang bisa timbul akibat merokok, mulai dari penyakit jantung, kanker dan masih banyak lagi. Tidak hanya penampilan, isi tubuhmu juga bisa cepat digerogoti usia akibat kebiasaan merokok. Merubah kebiasaan ini memang tidak mudah, namun kamu bisa mencobanya dengan kemauan yang kuat.

7. Terpapar Matahari

Terakhir, kebiasaan yang bisa membuatmu cepat tua adalah terlalu lama terpapar sinar matahari. Sinar uV tentu merupakan salah satu penyebab kerusakan kulit seperti flek, spot hitam, keriput bahkan kanker kulit.

Kamu mungkin juga malas dan tidak begitu memperhatikan perlindungan kulit dari sinar matahari Mulai dari tidak menggunakan sunscreen atau pelindung tubuh lainnya, kamu mungkin akan cepat membantu penuaan dini pada kulitmu. Kamu bisa mulai memperhatikan bagian ini apabila tidak ingin jadi cepat tua.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa kebiasaan dalam sehari-hari yang bisa membuatmu cepat tua. Dengan menghilangkan kebiasaan ini satu persatu, kamu bisa menuju hidup lebih sehat dan juga penampilan yang awet muda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ternyata #banyak #dilakukan #kebiasaan #sehari #hari #yang #membuat #orang #cepat

KOMENTAR