Jokowi dan Gibran Rakabuming Ternyata Punya Bahasa Cinta Mirip, Sama-Sama Gak Romantis!
Keluaraga Presiden Joko Widodo saat prosesi siraman terhadap anak bungsunya, Kaesang Pangarep di Sumber Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). [Foto dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina]
10:07
1 Maret 2024

Jokowi dan Gibran Rakabuming Ternyata Punya Bahasa Cinta Mirip, Sama-Sama Gak Romantis!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan anak sulungnya Gibran Rakabuming rupanya punya bahasa cinta yang mirip. Bapak dan anak itu dikenal sama-sama jarang mengumbar sikap romantis kepada istri mereka di hadapan publik. Bahkan keduanya juga tidak pernah mengungkapkan perasaan cinta lewat kata-kata kepada istrinya.

Hal itu terungkap dari obrolan keluarga Jokowi ketika diwawancara oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lewat kontens RANS Family beberapa tahun lalu. Video itu dibagikan ulang oleh akun TikTok Astuti7272.

Bahasa cinta Jokowi dan Gibran Rakabuming terungkap bermula karena Raffi bertanya kepada Selvi Ananda tentang sosok suaminya bila sedang bersama keluarga.

"Keliatannya Mas Gibran kan cuek, cool. Tapi sebenarnya Mas Gibran ini sosok yang seperti apa, romantis gak sih?" tanya Raffi. 

"Engga sama sekali," jawab Selvi sambil tertawa.

Saat ditanya lagi mengenai hal yang dia sukai dari Gibran, mantan Puteri Solo itu menjawab suka dengar kepribadian suaminya yang pekerja keras, bertanggung jawab, jujur, dan sabar.

Raffi kemudian beralih melempar pertanyaan kepada Jokowi dan Iriana tentang cara keduanya menyampaikan perasaan cinta. Namun, rupanya pasangan itu kompak mengaku tidak pernah saling mengungkapkan perasaan sayang mereka masing-masing.

Bagi Jokowi, mengungkapkan perasaan cinta memang tidak harus melalui ucapan. Tetapi juga bisa dengan perbuatan.

"Misalnya dengan Bu Jokowi membelikan makanan di warung, itu menurut saya sudah suatu bentuk kasih sayang. Kadang-kadang kita mau berangkat gitu duduk, tau-tau bawa sisir, disisir rambut saya," ungkap Jokowi sambil tersenyum.

"Jadi memang kalau mengungkapkan engga. Saya ngomong apa adanya, ya, memang engga pernah," imbuh Jokowi.

Raffi pun menyimpulkan kalau bahasa cinta Jokowi memang bukan lewat kata-kata atau word afformation, melainkan dengan melakukan suatu tindakan atau act of service.

Hal serupa juga rupanya dilakukan oleh Gibran kepada istrinya. Selvi bahkan menyebut kalau suaminya itu nampaknya memang tidak bisa mengungkapkan perasaan sayang lewat ucapan. 

"Ya kalau mengungkapkan cinta kan gak harus secara verbal, ya," kata Gibran. 

"Sama, kan," timpal Jokowi juga. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #jokowi #gibran #rakabuming #ternyata #punya #bahasa #cinta #mirip #sama #sama #romantis

KOMENTAR