Sambut Ramadhan dengan Hati Bersih: Amalan Dianjurkan untuk Menjemput Bulan Penuh
Ilustrasi Ramadan. (Pixabay/ john peter)
05:06
1 Maret 2024

Sambut Ramadhan dengan Hati Bersih: Amalan Dianjurkan untuk Menjemput Bulan Penuh

Kurang dari dua minggu lagi akan memasuki bulan Ramadan. Di bulan suci bagi umat Islam ini, nantinya orang-orang akan berpuasa selama 1 bulan penuh. Selain itu, pada bulan Ramadan berbagai amalan yang diberikan nantinya akan mendapatkan pahala besar dari Allah SWT.

Sementara itu, biasanya sebelum memasuki bulan Ramadan, terdapat berbagai persiapan yang dilakukan. Selain mempersiapkan diri, terdapat juga amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum bulan Ramadan.

Dengan melakukan berbagai amalan yang dianjurkan, dipercaya dapat memberikan pahala serta bisa meraih keutamaan saat menjalankan ibadah puasa. Lantas apa saja amalan yang dianjurkan sebelum bulan Ramadan? Berikut amalan yang dianjurkan dalam menyanbut bulan suci Ramadan, dikutip dari NU Online.

Ilustrasi menyambut ramadan (freepik)Ilustrasi menyambut ramadan (freepik)

1. Membaca doa sambut Ramadan

Dalam menyambut Ramadan, membaca doa menjadi salah satu yang dianjurkan. Berikut bacaan doa tersebut:
“Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya’ban wa ballignaa Ramadan."

Artinya: 'Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadan.” (HR Ahmad).

2. Doa melihat hilal

Sebelum Ramadan, umat Muslim akan menunggu hilal. Dalam melihat hilal ini menjadi tanda masuknya bulan Ramadan.

"Allahumma ahillahu 'alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah. Hilalu rusydin wa khairin"

Artinya, “Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadan ini ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman bagi kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

3. Mengucapakan selamat Ramadan

Rupanya, hal sederhana seperti ucapan menjadi salah satu amalan yang dianjurkan. Dengan mengucapkan selamat Ramadan kepada sesama Muslim memberikan hal baik. Rasulullah SAW bersabda:

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan mulia. Diwajibkan kepada kalian puasanya, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada malam yang lebih baik daripada 1000 malam. Siapa saja yang terhalang dari kebaikannya, maka ia terhalang dari kebaikan." (HR Ahmad dan An-Nasai).

Ilustrasi Ramadan.(Freepik.com)Ilustrasi Ramadan.(Freepik.com)

4. Meneguhkan niat

Pada saat bulan puasa Ramadan, akan hanyak perubahan yang dirasakan. Tidak hanya menahan rasa lapar dan minum, tetapi juga nafsu lainnya. Untuk itu, perlu meneguhkan niat. Penting juga meniatkan diri untuk beribadah kepada Allah SWT saat bulan Ramadan.

5. Meningkatkan pengetahuan tentang Ramadan

Meski sudah terbiasa dilakukan setiap tahunnya, terkadang masih ada hal-hal yang belum dipahami secara penuh. Seseorang bisa mencari terkait syarat puasa, hal yang membatalkannya, rukun, dan lainnya.

6. Siapkan fisik dan psikis

Saat Ramadan, dibutuhkan kesiapan fisik fan psikis. Hal ini karena puasa Ramadan akan banyak perubahan yang dialami. Oleh sebab itu, perlu adanya persiapan psikis dan fisik.

7. Mempersiapkan perekonomian

Saat puasa, penting mempersiapkan perekonomian untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Selain itu, dianjurkan juga beramal agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sambut #ramadhan #dengan #hati #bersih #amalan #dianjurkan #untuk #menjemput #bulan #penuh

KOMENTAR