Profil Agus Subiyanto, Sosok yang Kasih Ide Jokowi Agar Prabowo Diberi Gelar Jenderal Bintang 4
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (ANTARA)
15:07
28 Pebruari 2024

Profil Agus Subiyanto, Sosok yang Kasih Ide Jokowi Agar Prabowo Diberi Gelar Jenderal Bintang 4

Presiden Joko Widodo resmi memberikan gelar istimewa Jenderal TNI (HOR) kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prosesi penyerahan acara ini dilakukan dalam acara Rapat Pimpinan TNI-Polri 2024 di Gor Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Presiden Jokowi mengungkap bahwa pemberian pangkat kehormatan ini merupakan saran dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Menurut Presiden Jokowi, pemberian gelar kehormatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap pengabdian Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

"Penganugerahan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan dan juga peneguhan kepada kita semua untum berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan negara. Saya ucapkan selamat sekali lagi kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto," ucap Jokowi dalam pidatonya di Rapim TNI-Polri pagi tadi.

"Jadi pemberian gelar ini merupakan usulan Panglima TNI yang saya setujui. Untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa untuk Jenderal TNI Kehormatan (Prabowo Subianto)," lanjutnya.

Sosok Agus Subiyanto sendiri sempat mendapat atensi publik saat dirinya dicalonkan sebagai Panglima TNI periode 2023 - 2024. Pasalnya, saat itu Agus baru saja dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) selama 6 hari.

Lalu, seperti apa sosok Agus Subiyanto? Simak inilah profil selengkapnya.

Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si. lahir di Cimahi pada tanggal 5 Agustus 1967. Sejak kecil, putra daerah Cimahi ini menghabiskan masa kecilnya hingga bangku SMP di kampung halamannya, sebelum akhirnya pindah ke Bandung untuk melanjutkan SMA.

Agus melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer dan berhasil lulus pada tahun 1991 dari Kecabangan Infanteri (Kopassus).

Selama berkarier di TNI, Agus terlibat dalam operasi militer seperti Operasi Timor Timur pada  1995 dan 1999, serta Operasi Tinombala.

Tak hanya itu, Agus beberapa kali memegang jabatan strategis seperti Danrindam II/Sriwijaya tahun 2016 hingga 2017, Danrem 132/Tadulako periode 2017 hingga 2018, Danrem 061/Surya Kencana tahun 2020, serta Danpaspampres tahun 2020 hingga  2021.

Agus juga pernah menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi periode 2021 hingga 2022. Pada tahun 2022, Agus ditunjuk sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) selama 1 tahun.

Agus menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurrachman sebagai KSAD pada Oktober 2023. Ini setelah Dudung memasuki masa pensiun. Tetapi baru dilantik sebagai KSAD selama 6 hari, Agus kembal ditunjuk sebagai Panglima TNI periode 2023-2024.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #agus #subiyanto #sosok #yang #kasih #jokowi #agar #prabowo #diberi #gelar #jenderal #bintang

KOMENTAR