Apakah Teh Hijau Membantu Mengatasi Jerawat? Simak Penjelasan Berikut Ini
Teh hijau sebagai obat tradisional (healthline)
11:40
26 Oktober 2024

Apakah Teh Hijau Membantu Mengatasi Jerawat? Simak Penjelasan Berikut Ini

 

- Banyak cara perawatan alami untuk mengatasi jerawat Anda. Mungkin teh hijau bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan alami.

Dilansir dari laman healthline.com oleh JawaPos.com, Sabtu (26/10), peneliti menemukan bahwa sebagian orang, mengonsumsi atau mengaplikasikan teh hijau atau ekstrak teh hijau dapat membantu memperbaiki lesi, kemerahan, dan iritasi kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Teh hijau mengandung zat yang disebut katekin. Senyawa berbasis tanaman ini, atau polifenol, memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibiotik. Senyawa ini juga dapat menangkal radikal bebas.

Teh hijau sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), yang dalam riset telah terbukti dapat memperbaiki jerawat dan kulit berminyak.

Selain memiliki sifat antiperadangan, antioksidan, dan antimikroba, EGCG menurunkan kadar lipid dan bersifat antiandrogenik, sehingga efektif dalam mengurangi ekskresi sebum (minyak) di kulit.

Androgen adalah hormon yang diproduksi tubuh secara alami. Kadar androgen yang tinggi atau berfluktuasi merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak sebum.

Sebum yang berlebih dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan bakteri, yang menyebabkan jerawat hormonal. EGCG membantu memutus siklus ini.

Terdapat beberapa cara teh hijau untuk mengatasi jerawat. Diantaranya yakni sebagai obat semprot di wajah, masker wajah, suplemen, hingga minuman teh hijau.

Sebagai informasi, teh hijau berasal dari daun tanaman teh Camellia sinensis. Teh hitam dan putih juga berasal dari tanaman ini.

Awalnya, teh hijau hanya berasal dari Cina, tetapi kini orang-orang membudidayakannya di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk India dan Sri Lanka.

Sebagian besar teh hijau berkualitas tinggi yang kita minum saat ini berasal dari Cina dan Jepang. Teh hijau dipercaya dan dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apakah #hijau #membantu #mengatasi #jerawat #simak #penjelasan #berikut

KOMENTAR